Kebakaran Melanda 5 Rumah di Garung Wonosobo, Belasan Orang Ngungsi

Uje Hartono - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 16:14 WIB
Kebakaran lima rumah di Wonosobo, Selasa (28/12/2021).
Kebakaran lima rumah di Wonosobo, Selasa (28/12/2021).(Foto: dok BPBD Wonosobo)
Wonosobo -

Kebakaran melanda lima unit rumah warga di Desa Tegalsari Kecamatan Garung, Wonosobo, Jawa Tengah siang ini. Akibatnya, 17 orang penghuninya mengungsi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Bambang Tri mengatakan kebakaran terjadi di Desa Tegalsari siang tadi sekitar pukul 12.00 WIB. Ia dari 5 rumah tersebut, 3 rumah di antaranya habis terbakar sedangkan dua di lainnya rusak sedang.

"Kejadiannya tadi jam 12 siang di Desa Tegalsari Kecamatan Garung. Ada lima rumah yang terbakar. Tiga rumah habis terbakar yang dua rumah rusak sedang," ujarnya saat dihubungi detikcom, (28/12/2021).

Api baru bisa dipadamkan sekitar 1,5 jam kemudian. Tim pemadam gabungan dari personel BPBD, TNI, Polri dan warga. Dalam upaya pemadaman, BPBD mengirimkan dua unit mobil damkar, dan dua unit mobil tanki water suplay.

"Dari keterangan warga, api berasal dari salah satu rumah kemudian menjalar ke rumah lain," jelas Bambang.

Akibat kebakaran tersebut 17 jiwa yang menempati lima rumah tersebut mengungsi ke rumah saudaranya. Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sedangkan kerugian ditaksir hingga ratusan juta.

"Dan untuk kerugian, diperkirakan mencapai Rp 300 juta," sebutnya.

Berdasarkan hasil keterangan warga, dan pengecekan di lokasi kejadian, kebakaran ini disebabkan korsleting listrik dari perangkat elektronik yang merembet ke rumah semi permanen.

"Jadi ini kan rumah semi permanen, di dalam rumah muncul percikan api dari perangkat elektronik. Kemudian merembet ke bagian rumah semi permanen," jelasnya.

(sip/ams)