Menengok Rastaji, Harimau yang Bikin Geger Gegara Loncat ke Atap Kandang

Uje Hartono - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 14:29 WIB
Rastaji harimau benggala yang bikin geger karena lompat ke atap kandang. Rastaji berusia 2 tahun dan merupakan 1 dari 7 harimau benggala di Serulingmas Zoo Banjarnegara.
Rastaji harimau benggala yang bikin geger karena lompat ke atap kandang (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara - Seekor harimau benggala bernama Rastaji (sebelumnya ditulis Restaji) bikin geger karena melompat ke atap kandang hingga nyaris lepas. Pengelola kebun binatang pun akhirnya mengandangkan harimau benggala tersebut.

Pantauan detikcom di Serulingmas Zoo, Banjarnegara, Minggu (26/12), Rastaji terlihat tiduran di dalam jeruji besi. Sesekali harimau itu bangun dan mondar-mandir di dalam kandang berukuran sekitar 2x3 meter.

Rastaji merupakan salah satu satu dari 7 harimau benggala di Serulingmas Zoo. Harimau berusia dua tahun ini memang dikenal selalu aktif.

"Rastaji ini memang aktif dibanding harimau benggala lain. Jika yang lain tidak sering loncat, dia Rastaji itu sering loncat-loncat," kata Direktur Serulingmas Zoo Lulut Yekti Adi saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (26/12/2021).

Aksi loncat-loncat Rastaji pun bikin geger karena mencapai atap kandang hingga nyaris ke luar kandangnya. Beruntung para petugas bisa mengantisipasi Rastaji tidak lepas dari kandangnya.

"Atas kejadian rastaji yang naik ke atap kandang, sementara kami kandangkan. Tidak kami display. Sambil menunggu perbaikan kandang dulu," terangnya.

Rastaji harimau benggala yang bikin geger karena lompat ke atap kandang. Rastaji berusia 2 tahun dan merupakan 1 dari 7 harimau benggala di Serulingmas Zoo Banjarnegara.Rastaji harimau benggala yang bikin geger karena lompat ke atap kandang. Rastaji berusia 2 tahun dan merupakan 1 dari 7 harimau benggala di Serulingmas Zoo Banjarnegara. Foto: Uje Hartono/detikcom

Lulut menyebut tidak ada kesalahan konstruksi bangunan kandang. Namun jika melihat Rastaji yang terlalu aktif perlu perbaikan kandang untuk keamanan.

"Sebenarnya secara bangunan tidak ada kesalahan. Tapi untuk keamanan, karena ini aktif banget. Perbaikan kandang tersebut akan mulai dilakukan usai libur natal tahun baru ini," ujarnya.

Lulut menambahkan, pengunjung tidak perlu khawatir atas kejadian pada Sabtu (25/12) lalu. Sebab, selama belum ada perbaikan kandang Rastaji akan dikandangkan dulu.

"Rastaji kami kandangkan dulu sebelum perbaikan kandang selesai. Jadi pengunjung tidak perlu takut. Kami tetap buka seperti biasa dan selalu menerapkan protokol kesehatan," tambahnya.

Simak video 'Penampakan Harimau yang Diduga Tewaskan 2 Warga di Jambi':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)