ADVERTISEMENT

Harimau di Banjarnegara Lompat ke Atap Kandang Diduga Gegara Birahi

Uje Hartono - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 11:25 WIB
Harimau benggala di Serulingmas Zoo Banjarnegara lompat ke atap hingga nyaris keluar
Harimau benggala di Serulingmas Zoo Banjarnegara lompat ke atap hingga nyaris keluar (Foto: dok. Serulingmas Zoo)
Banjarnegara -

Seekor harimau benggala di Serulingmas Zoo Banjarnegara, Jawa Tengah melompat ke atap kandang hingga nyaris keluar. Pengelola Kebun Binatang menduga harimau bernama Restaji ini sedang mengalami masa birahi.

"Harimau benggala ini sedang masa birahi jadi lebih aktif," kata tim marketing Serulingmas Zoo, Nur Rohmah saat dihubungi detikcom, Minggu (26/12/2021).

Nur mengungkap tanda-tanda birahi itu karena Restaji sedang aktif mengaum. "Tanda-tanda lain jadi sering mengaum. Hampir semua satwa kalau sedang birahi memang jadi lebih aktif. Misalnya kalau merak, itu jadi lebih sering mengepakkan sayapnya," jelasnya.

Dia menyebut Restaji merupakan harimau benggala jantan berusia dua tahun. Selama ini Restaji belum dicampur dengan harimau betina karena dinilai masih berusia anak.

"Kalau Restaji ini memang masih dipisah karena kan masih usia anak-anak. Tetapi kalau harimau yang sudah dewasa sudah kami pasang-pasangkan," ujarnya.

Namun, berkaca dari kejadian tersebut, pihak pengelola Serulingmas Zoo berencana mencarikan pasangan untuk Restaji. Diharapkan kejadian serupa tidak sampai terulang.

"Kami melakukan evaluasi kembali. Ini baru pertama selama 23 tahun kebun binatang ini berdiri. Mungkin nanti kami akan mencari pasangan untuk Restaji, dan kami juga meminta maaf kepada seluruh pengunjung karena telah menimbulkan ketidaknyamanan dalam berwisata," kata dia.

Lihat juga video 'Penampakan Harimau yang Diduga Tewaskan 2 Warga di Jambi':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT