Polisi: 80 Persen Pasar Kroya Cilacap Terbakar

Arbi Anugrah - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 20:50 WIB
Sekitar 10 damkar dan water cannon dikerahkan untuk padamkan api di Pasar Kroya, Cilacap, Kamis (23/12/2021).
Sekitar 10 damkar dan water cannon dikerahkan untuk padamkan api di Pasar Kroya, Cilacap, Kamis (23/12/2021). Foto: dok. Istimewa
Cilacap -

Polisi menyebut sekitar 80 persen bangunan Pasar Kroya, Cilacap, hangus terbakar. Saat ini upaya pemadaman masih dilakukan.

"Untuk pasarnya sekitar 80 persen terbakar. Saat kebakaran rata-rata toko sudah pada tutup semua, jadi ada beberapa ruko yang terkunci yang memang sudah tidak bisa diapa-apakan," kata Kapolsek Kroya AKP M Salman Farizi Putera saat dihubungi detikcom, Kamis (23/12/2021).

"Untuk kerugian jiwa saat ini belum diketahui, tapi alhamdulillah sepertinya tidak ada," lanjutnya.

Menurutnya, api muncul dari lantai dua Pasar Kroya diduga dari toko pakaian.

"Awalnya api dari lantai dua dari tempat pakaian-pakaian, habis itu merembet ke bawah tempat sayur-sayuran, tapi masih menyala bagian bawah. Saat ini api masih ada sekitar 50 persen yang belum padam," jelasnya.

"Dugaan kebakaran masih belum diketahui, karena memang belum padam. Tapi mungkin karena di lantai 2 itu adalah bahan-bahan kain, jadi mudah terbakar, jadi diawali di lantai 2," ujarnya.

Hingga saat ini sudah ada lebih dari 10 damkar yang dikerahkan untuk memadamkan api di Pasar Kroya. Damkar yang diterjunkan berasal dari Cilacap, Banyumas dan Kebumen.

"Damkar yang dikerahkan saat ini mungkin lebih dari 10, ada dari damkar Cilacap, Banyumas, Kebumen lalu PLTU 2 Adipala, lalu water cannon dari Polres Cilacap dan dari beberapa instansi terkait," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Pasar Kroya, Cilacap, Jawa Tengah, kebakaran, Kamis (23/12) sekitar pukul 17.00 WIB.

"Kejadian sekitar pukul 17.00 WIB," kata Saptono (51), warga sekitar, saat dihubungi detikcom, Kamis (23/12) sore.

(rih/mbr)