ADVERTISEMENT

Niat Gali Lubang Buat Tanam Pisang, Warga Purbalingga Temukan Granat

Vandi Romadhon - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 18:40 WIB
Lokasi warga Purbalingga temukan granat nanas aktif saat menggali lubang untuk menanam pisang, Kamis (23/12/2021).
Lokasi warga Purbalingga temukan granat nanas aktif saat menggali lubang untuk menanam pisang, Kamis (23/12/2021). Foto: dok. Polres Purbalingga
Purbalingga -

Sebuah granat aktif ditemukan warga di kebun Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Polisi turun tangan melakukan pengamanan.

"Kami mendapat laporan telah ditemukan benda yang diduga merupakan granat. Mendapat laporan itu kami mendatangi lokasi," kata Kapolsek Kutasari Iptu Tedy Subiyarsono saat dimintai konfirmasi, Kamis (23/12/2021).

Tedi mengatakan untuk mengantisipasi adanya bahaya dari temuan benda itu, polisi melakukan langkah pengamanan lokasi. Pihaknya memasang garis polisi untuk mencegah warga yang datang untuk menyaksikan.

"Mengamankan lokasi penemuan granat dengan memasang garis polisi agar tidak dikunjungi warga. Sambil menunggu tim penjinak bahan peledak datang," ujarnya.

Menurut Tedy, granat tersebut ditemukan oleh warga desa setempat, Ahmad Rohidi (60). Saksi menemukan granat di lokasi penggalian tanah yang akan digunakan untuk menanam pohon pisang di kebun milik Sukron (50).

"Tim dari penjinak bom (Jibom) Gegana Satbrimob Polda Jateng hari ini datang ke lokasi kemudian melakukan pemeriksaan. Hasilnya benda tersebut memang granat jenis nanas. Walaupun pen sudah lepas namun granat tersebut dipastikan masih aktif," ungkapnya.

"Diduga granat yang ditemukan merupakan peninggalan zaman perang kemerdekaan yang terkubur tanah," tambahnya.

Edy melanjutkan tim Jibom kemudian melakukan langkah evakuasi granat dari lokasi temuan. Selanjutnya dilakukan upaya disposal atau pemusnahan terhadap granat tersebut agar tidak membahayakan.

(rih/ams)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT