Bupati Klaten Berduka Mbah Minto Meninggal: Sosok Kreatif Meski Sepuh

Achmad Syauqi - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 13:05 WIB
Bupati Klaten Sri Mulyani melayat ke rumah duka Mbah Minto, Kamis (23/12/2021).
Bupati Klaten Sri Mulyani melayat ke rumah duka Mbah Minto (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Artis parodi gagal mudik kala pandemi Minto Suwito Siyem (85) atau Mbah Minto meninggal dunia hari ini. Bupati Klaten Sri Mulyani turut berduka atas meninggalnya Mbah Minto.

Pantauan di rumah duka, di Dusun Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Sri Mulyani tiba pukul 11.45 WIB. Sri Mulyani datang melayat didampingi para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Klaten.

"Kita sangat kehilangan sosok Mbah Minto, yang luar biasa kreatif meskipun sudah sepuh. Kami atas nama pribadi dan pemerintah daerah ikut berbelasungkawa," kata Sri Mulyani saat melayat di rumah duka Mbah Minto Klaten, Kamis (23/12/2021).

Mulyani menyebut karya-karya Mbah Minto dengan Ucup turut berjasa mengangkat nama Klaten. Dia pun mengaku kehilangan sosok Mbah Minto.

"Mbah Minto patut kita banggakan, dengan karyanya telah ikut mengangkat Klaten. Dengan dagelan guyonnya itu, sosok seniwati, artis, jadi kita kehilangan," papar Mulyani.

Dia mengaku sudah tiga kali membuat konten YouTube bersama Mbah Minto. Dari pengalamannya itu, meski sudah berusia lanjut, Mbah Minto mudah diarahkan.

"Mbah Minto meskipun sudah sepuh, sangat mudah diarahkan seperti artis senior. Ada tiga konten dengan saya," ucap Mulyani.

Ketiga konten itu, kata Sri Mulyani, terkait dengan imbauan pemerintah saat pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Ada soal larangan mudik, jaga jarak. Masih ada di Instagram saya, kita sangat kehilangan," ucap Mulyani.

Sebelumnya diberitakan, Mbah Minto meninggal dunia Rabu (22/12) malam. Pemeran simbok yang moncer di YouTube ini meninggal setelah dirawat di RS Islam Klaten.

"Betul (meninggal di RSI) Rabu (22/12) sekitar pukul 21.00 WIB. Dibawa pulang keluarga sekitar jam 22.30 WIB," ungkap Kasubag Humas dan Pemasaran RSI Klaten, Agus Susanto kepada detikcom, Kamis (23/12).

Video 'Penyebab Mbah Minto Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)