Brebes Akan Terapkan PPKM Mikro Saat Nataru, Begini Aturannya

ADVERTISEMENT

Brebes Akan Terapkan PPKM Mikro Saat Nataru, Begini Aturannya

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 14:25 WIB
Kapolres Brebes, AKBP Faisal Febrianto, Rabu (22/12/2021).
Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto, Rabu (22/12/2021). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Pemkab Brebes, Jawa Tengah, akan kembali menerapkan PPKM Mikro selama libur dan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Berikut ini aturannya.

"Kami bersama pemerintah, sesuai dengan instruksi Mendagri kemudian dari Gubernur sama Bupati, akan memberlakukan kembali PPKM Mikro," ungkap Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto kepada wartawan di kantornya, Rabu (22/12/2021).

Faisal mengatakan kebijakan PPKM Mikro akan diberlakukan di semua desa. Nantinya penerapan itu akan dipantau dan diawasi oleh petugas baik babinsa maupun bhabinkamtibmas di masing-masing desa.

Dalam penerapannya, jelas Faisal, setiap pemudik akan didata mulai dari level kecamatan sampai desa. Para pemudik yang datang akan diperiksa hasil tes swab-nya.

Bila pemudik kedapatan positif Corona, akan langsung dikarantina di masing-masing desa. Sedangkan mereka yang negatif akan ditandai sebagai pemudik. Bentuknya berupa stiker yang akan ditempel di masing-masing rumah pemudik tersebut.

Kemudian saat akan kembali ke perantauan, pemudik ini akan diperiksa ulang. Tujuannya untuk memastikan pemudik ini dalam kondisi sehat dan tidak membawa virus ke perantauan.

"Apabila mau kembali (balik) juga akan dilakukan pengecekan ulang," imbuhnya.

Polres Brebes juga menyiapkan pos pengamanan di tiap pintu masuk Jawa Tengah via Brebes. Masing-masing pos tersebut berada di Desa Bojongsari, Tol Gate Pejagan dan Jalur Pantura.

Di setiap pos itu akan disediakan gerai-gerai vaksin bagi para pemudik yang akan masuk Jawa Tengah.

"Untuk pintu masuk akan kami siapkan pos pengamanan dan akan kami lakukan pengecekan secara random bagi yang sudah vaksin maupun belum. Bagi yang belum vaksin akan disiapkan gerai vaksin di pintu-pintu masuk Jawa Tengah," pungkasnya.

(sip/rih)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT