Arus Lalin Kendaraan Masuk Jateng via Brebes Mulai Meningkat

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 13:49 WIB
Gerbang tol Brebes Timur (Breksit), Rabu (22/12/2021).
Gerbang tol Brebes Timur (Breksit), Rabu (22/12/2021). (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), volume kendaraan yang masuk Jawa Tengah lewat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah mulai meningkat. Memasuki pekan kedua Desember ini peningkatan kendaraan yang melintas sekitar 35 persen.

Data yang diperoleh dari Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) menyebut peningkatan mulai terjadi sejak awal Desember 2021 lalu. Pada awal bulan, PPTR mencatat sebanyak 26.203 kendaraan penumpang atau golongan satu masuk melalui tol. Kemudian pada pekan kedua naik menjadi 40.452 unit kendaraan atau 35 persen.

"Jadi untuk peningkatan arus lalu lintas, ada kenaikan 35 persen untuk golongan satu (mobil penumpang). Di awal bulan kendaraan mencapai 26 ribu dan pada weekend kemarin mencapai 40 ribu," ungkap Kasi Pelayanan Transaksi PPTR Deny Harjono ditemui di Tol Gate Brebes Timur (Brexit), Rabu (22/12/2021).

Deny mengatakan naiknya volume kendaraan ini diduga karena banyak perantau yang akan melaksanakan liburan Nataru lebih awal.

Untuk jumlah arus kendaraan pemudik Nataru tahun ini diprediksi ada peningkatan dibanding tahun kemarin. Tahun 2020 jumlah kendaraan yang masuk Jawa Tengah melalui tol sebanyak 357.949 unit, sedangkan tahun ini prediksi 411.641 unit atau naik 15 persen.

Menurutnya, kenaikan jumlah pemudik ini sebagai dampak dari kebijakan pemerintah yang meniadakan penyekatan di wilayah Jawa Tengah.

"Tahun ini diprediksi kenaikan mencapai 15 persen. Karena tahun ini, informasi dari pemerintah tidak ada penyekatan," jelas Deny.

Arus mudik Nataru diprediksi mencapai puncaknya pada 24 Desember nanti. Sedangkan puncak arus balik akan terjadi 2 Januari 2022.

Diwawancara terpisah, Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto menjelaskan lalu lintas di jalur pantura belum terlihat adanya peningkatan signifikan. Kendaraan yang melintas di jalur pantai utara ini masih tampak landai dan lancar.

"Hingga hari ini belum ada peningkatan. Pantauan kami masih landai dan lancar," kata Faisal.

Simak Video 'Langkah Kemenhub saat 11 Juta Orang Diprediksi Bepergian Libur Nataru':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)