Nekat Gelar Pesta Tahun Baru di Sleman, Siap-siap Dibubarkan Polisi

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 14:21 WIB
PPKM Jawa Bali Diperpanjang Sampai 13 Desember, Ini Daftar Level Terbaru
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Sleman -

Polres Sleman meminta masyarakat agar tidak merayakan malam pergantian tahun atau tahun baru dengan menggelar pesta yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Jika melanggar, polisi akan membubarkan.

"Iya pasti kami tetap melakukan upaya, nanti teknisnya supaya untuk pencegahan agar tidak timbul kerumunan terlalu banyak. Dibubarkan itu termasuk langkah yang akan kami ambil," kata Kapolres Sleman AKBP Wachyu Tri Budi saat ditemui di Mapolres Sleman, Kamis (16/12/2021).

Mantan Kapolres Bantul itu mengatakan telah memetakan spot-spot mana yang mungkin terjadi kerumunan, di antaranya kawasan Kaliurang. Pihaknya menggandeng instansi terkait untuk melakukan pengawasan.

"Kami sudah antisipasi, kami juga berkoordinasi baik dengan TNI, Satpol PP, dengan Kapanewon maupun dengan tempat pengelola wisata," ucapnya.

"Karena disinyalir tidak hanya di Kaliurang saja, di tempat lain intinya kami cegah jangan sampai ada perayaan-perayaan yang sudah tidak dianjurkan tadi," imbuhnya.

Untuk pengamanan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ratusan personel diturunkan. Baik untuk pengamanan di gereja maupun saat malam pergantian tahun. Selain itu, pos pengamanan juga didirikan.

"Kami sudah berusaha maksimal personel yang kita turunkan ada sekitar 500-600 personel karena Nataru itu rangkaiannya cukup panjang mulai dari tanggal 24 Desember sampai 2 Januari. Ada yang nanti di Pospam Tempel dan Prambanan, kemudian pos pelayanan ada di Kaliurang dan Ambarukmo," pungkasnya.

Lihat juga video 'Detik-detik Polda Metro Bubarkan Pesta Halloween di SCBD Jaksel':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)