Jamin Keamanan Nataru, Kapolda Jateng: Tak Usah Pesta Kembang Api!

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 11:17 WIB
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, Rabu (15/12/2021).
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, bicara soal pengamanan masa perayaan dan libur Natal dan Tahun Baru, Rabu (15/12/2021). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi, menjamin keamanan selama masa perayaan dan libur Natal dan Tahun Baru. Ia juga mengingatkan masyarakat tidak merayakan pergantian tahun dengan pesta.

Luthfi menjelaskan pihaknya melakukan pengamanan di gereja-gereja dan mendirikan posko. Maka ia menjamin keamanan agar umat Nasrani bisa merayakan Natal dengan khidmat.

"Kami menjamin (keamanan) saat Natal dan tahun baru. (Saat tahun baru) Tidak usah pesta termasuk kembang api dan sebagainya," kata Luthfi kepada wartawan di Hotel Patra usai peluncuran aplikasi GoSigap milik Polda Jateng, Rabu (15/12/2021).

Dari data Polda Jateng, ada 278 Pos Pam (pengamanan) gereja se-Jawa Tengah. Jumlah personel gabungan yang dikerahkan yaitu 6.837 orang. Tidak hanya soal keamanan, Luthfi juga mengimbau agar protokol kesehatan selalu ditaati.

"Saya imbau masyarakat tetap menaati protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru secara umum, Luthfi menjelaskan sudah menyiapkan 375 pos pam terpadu. Jumlah tersebut termasuk pos di perbatasan, di restoran area tol, dan pos pengamanan di 35 kabupaten/kota se-Jateng.

(alg/sip)