Round-Up

Nani Sianida Dihukum 16 Tahun, Ini 7 Fakta Seputar Jatuhnya Vonis

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 14 Des 2021 07:45 WIB
Nani Aprilliani Nurjaman (25) jalani sidang putusan terkait kasus takjil sianida yang menjeratnya. Dalam sidang itu ia divonis 16 tahun penjara.
Nani Aprilliani saat menjalani persidangan. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul -

Terdakwa kasus takjil sianida yang menewaskan seorang bocah di Bantul Nani Aprilliani Nurjaman (25) akhirnya divonis 16 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bantul.

Sejumlah fakta pun muncul:


Nani dihukum 16 tahun bui

Majelis hakim di PN Bantul yang diketuai Aminuddin menilai Nani Aprilliani Nurjaman alias Tika binti Maman Sarman terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana.

"Menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 16 tahun," demikian putusan majelis hakim.


2 tahun lebih ringan dari tuntutan JPU

Vonis tersebut dua tahun lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang terdiri dari Sulisyadi, Meladissa Arwasari, Nur Hadi Yutama dan Ahmad Ali Fikri Pandela. JPU sebelumnya menuntut Nani dengan 18 tahun penjara.


Vonis 16 tahun setelah 16 kali persidangan

Merujuk https://sipp.pn-bantul.go.id/index.php/detil_perkara Nani menjalani sidang perdana di tanggal 16 September 2021. Selain itu, hingga saat ini Nani telah menjalani 16 persidangan hingga akhirnya divonis 16 tahun penjara oleh majelis hakim PN Bantul.


Nani minta HP dikembalikan: ada catatan piutang

Saat diberi kesempatan untuk menanggapi putusan, Nani justru memohon kepada hakim untuk mengembalikan barang bukti berupa satu unit smartphone miliknya. Mengingat smartphone yang berisi data utang piutang itu harus dimusnahkan.

Terkait hal tersebut, majelis hakim menolaknya. Mengingat dalam kasus tersebut, smartphone merupakan alat dan sarana kejahatan yang dilakukan Nani.

Selanjutnya: Nani Aprilliani menyatakan akan ajukan banding!

Simak Video 'Tok! Nani Takjil Sianida Divonis 16 Tahun Penjara':

[Gambas:Video 20detik]