Kasus Aktif Corona di Boyolali Kini Tinggal 3, BOR Nol Persen

Ragil Ajiyanto - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 15:58 WIB
Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan, Jumat (10/12/2021).
Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan, Jumat (10/12/2021). (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Kasus paparan virus Corona atau COVID-19 sudah semakin menurun, termasuk di Boyolali, Jawa Tengah. Pemkab Boyolali melaporkan saat ini tidak ada pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit.

Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan, mengungkapkan data per 9 Desember 2021 kemarin, jumlah kasus aktif Corona di Boyolali tinggal tiga orang. Sedangkan untuk bed occupancy rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur ruang isolasi pasien COVID-19 di rumah sakit, sudah nol persen.

"Kasus COVID-19 saat ini sudah terus menurun termasuk juga di Boyolali. Data per tanggal 9 Desember 2021 kemarin jumlah kasus aktif di Boyolali tiga orang, dan untuk BOR nol persen," ungkap Wahyu Irawan dalam sambutannya di Pendopo Ageng Pemkab Boyolali, Jumat (10/12/2021).

Terkait capaian vaksinasi COVID-19 di Boyolali, Wahyu Irawan menyebut per 9 Desember 2021 kemarin telah mencapai 88,67 persen. Sedangkan untuk vaksinasi lansia dosis pertama mencapai 72 persen.

"Mengacu indikator-indikator di atas pada akhirnya Kabupaten Boyolali sudah memenuhi kriteria untuk PPKM level 1 dengan skor IKM 2,45 dengan zona risiko rendah," kata Iwan, sapaan akrabnya.

Iwan lalu menjelaskan tentang upaya menekan kasus stunting yang juga menjadi perhatian serius pemerintah.

"Alhamdulillah di tahun 2021 ini Kabupaten Boyolali angka stunting juga sudah ada penurunan dari 9,2 persen sebelumnya menjadi 8 persen. Ini merupakan suatu keberhasilan bagi kita semua dan akan kita laksanakan penekanan di tahun-tahun mendatang," ujar Iwan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono, mengapresiasi upaya Pemkab Boyolali dalam menekan angka paparan COVID-19. Dia menilai angka kasus aktif tinggal tiga orang dan capaian vaksin yang tinggi merupakan bentuk keberhasilan.

"Bahwa angka COVID di Boyolali saat ini BOR-nya nol, kemudian kasusnya yang masih ada tinggal 3, kemudian capaian vaksinasi saat ini sudah lebih dari 80 persen. Dengan cakupan vaksinasi lansia 73 persen. Ini sebuah prestasi luar biasa," kata Dante.

Simak video 'Epidemiolog: Menghadapi Omicron Tidak Perlu Berlebihan, Tapi Proporsional':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)