Kasus Video Mesum Pelajar Salatiga, 1 ABG Jadi Tersangka

Wahyu Turi - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 15:18 WIB
Polisi menunjukkan barang bukti kasus video mesum dua pelajar di Salatiga, Jumat (9/12/2021).
Polisi menunjukkan barang bukti kasus video mesum dua pelajar di Salatiga (Foto: Wahyu Turi Krisanti/detikcom)
Salatiga -

Polisi mengamankan seorang remaja terkait kasus video mesum diduga dua pelajar di Salatiga, Jawa Tengah. Penetapan tersangka ini setelah polisi memeriksa 28 saksi terkait video mesum tersebut.

"Kami melakukan pemeriksaan terhadap kurang lebih 28 orang, baik itu saksi maupun tersangka video tersebut," ucap Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana dalam jumpa pers di Polres Salatiga, Kamis (9/12/2021).

Indra menyebut tersangka juga berstatus sebagai pelajar. Remaja tersebut merupakan perempuan berusia 16 tahun alias ABG.

"Sementara tersangka telah kami lakukan pemeriksaan dan tahap penyidikan dengan melakukan gelar perkara, menaikkan status dari saksi menjadi tersangka," terangnya.

Dari kasus ini polisi telah menyita sejumlah barang bukti yakni empat ponsel, hingga pakaian yang digunakan pemeran wanita dan pria dalam video tersebut.

"Barang bukti yaitu empat handphone, celana pendek, rok, baju, kerudung," terang dia.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 27 ayat 1 UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dengan ancaman pidana enam tahun penjara.

Sebelumnya diberitakan, video dua pelajar berbuat mesum di salah satu warung diduga berlokasi di Salatiga viral. Dalam video berdurasi 35 detik itu pemeran pria tampak duduk lesehan sedangkan pemeran wanita dalam video tersebut tampak duduk di pangkuan pemeran pria dalam posisi rebahan.

Tampak ada meja panjang berwarna biru di sebelah pasangan mesum tersebut. Terlihat ada sepiring makanan, segelas minuman dan asbak di meja tersebut.

Keduanya melakukan perbuatan mesum di siang bolong dengan terdengar ramai suara kendaraan. Perekam video itu pun tampak diam-diam merekam aksi mesum keduanya dari bilik lubang.

(ams/rih)