Warung Tengkleng Solo Baru Diviralkan Ngepruk, Ternyata Segini Harganya

Ari Purnomo - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 13:40 WIB
Warung Tengkleng Bu Harsi diviralkan ngepruk harga, Solo, Rabu (8/12/2021).
Warung Tengkleng Bu Harsi diviralkan ngepruk harga, Solo, Rabu (8/12/2021). (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Sukoharjo -

Harga yang dianggap tidak sesuai atau ngepruk menjadi pembahasan yang ramai di media sosial mengenai warung tengkleng kambing dan sapi Bu Harsi, Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Benarkah, harga tengkleng racikan nenek 60 tahun itu mahal?

"Sebenarnya harganya sudah sesuai, misalnya untuk satu pipi kambing itu mentahnya Rp 20 ribu, itu sudah sesuai," ujar Ketua Paguyuban PKL Solo Baru, Sukoharjo, Sudarsi, saat dihubungi detikcom, Kamis (9/12/2021).

Tidak hanya dirinya yang menilai harga tengkleng Harsi wajar, tapi kata Sudarsi, sejumlah pembeli juga mengungkapkan hal yang sama. Namun Bu Harsi disebut melayani pembeli tanpa memberi informasi soal detail menunya.

"Kemarin saya tanya pembeli yang makan menurut mereka harganya juga standar tidak mahal. Cuma, Mbah Harsi kadang melayani pembeli tanpa bertanya dulu tetapi langsung memberikan porsi besar dengan harga Rp 50 ribu-Rp 70 ribu," katanya.

Harga itulah, lanjut Sudarsi, yang kadang dianggap pembeli ngepruk karena tidak sesuai seperti yang tertera di spanduk yakni Rp 30 ribu untuk porsi besar. Sehingga paguyuban PKL memutuskan untuk membantu membuat spanduk dan menu untuk Bu Harsi.

"Kami sudah memesankan spanduk dengan harga yang disesuaikan, dan kami juga memberikan berbagai masukan agar jualannya kembali ramai," harap Sudarsi.

Sudarsi juga sudah meminta Bu Harsi agar memberitahu pembeli sebelum melayaninya. Termasuk memberikan informasi soal tambahan harga jika pembeli akan menambah porsi.

"Kalau standarnya Rp 30 ribu, tapi kalau pembeli minta tambahan Mbah Harsi ini saya minta agar memberitahu harganya agar saat membayar tidak kaget," pungkasnya.

Lihat juga video 'Kangen Sama Kampung, Melipir ke Tengkleng Wedhus Lali Omah Saja!':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)