Duduk Perkara Beda Penampilan Siskaeee dan Ramai SiskaeeeBukanMuslim

ADVERTISEMENT

Duduk Perkara Beda Penampilan Siskaeee dan Ramai SiskaeeeBukanMuslim

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 12:59 WIB
Sleman -

Media sosial Twitter ramai dengan tagar SiskaeeeBukanMuslim hari ini. Hal itu buntut dari beda penampilan tersangka video pornografi di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo, Siskaeee (23), saat diperiksa polisi beberapa waktu lalu.

Dalam beberapa kesempatan, seperti saat tiba di Polda DIY, pemeriksaan dan penggeledahan di kamar kosnya, Siskaeee tampil dengan jilbab warna hitam. Namun, sebelumnya saat diamankan di Stasiun Kota Bandung, Sabtu (4/12), pemilik nama Fransiska Candra N itu tampil tanpa mengenakan jilbab.

Warganet kemudian ramai-ramai mempertanyakan keyakinan Siskaeee dan menyinggung polisi.

Salah satu akun di Twitter yang mencuit soal hal tersebut dengan tagar SiskaeeeBukanMuslim yakni @Lord****. Berikut ini cuitannya seperti yang dilihat detikcom, Rabu (8/12/2021):

Twips, berhubung si siskaeee alias Fransisca dipakein jilbab panjang pas ditangkep polisi.. gue kagak mau itu jadi fitnah terhadap Islam.

Maka nyok kite ramein hestek:

#SiskaeeeBukanMuslim

Karena ada bukti bahwa selama ini si Fransisca pake kalung salib. Jilbab yg difitnah

Penjelasan Polisi soal Jilbab Siskaeee

Saat dimintai konfirmasi terkait ramai tagar tersebut, Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto menyatakan Siskaeee seorang muslim.

"Saya kemarin sempat tanya yang bersangkutan, 'apakah kamu muslim?'. Dia (Siskaeee) jawab iya. Ketika saya tanya apakah salatmu tertib, dia jawab tidak, tapi masih salat," kata Yuli kepada wartawan, Rabu (8/12/2021).

Yuli juga memastikan keterangan dari Siskaeee itu dengan mengecek KTP tersangka. Kemudian diketahui jika dalam KTP itu tertulis agama Islam dan di kartu identitas itu foto Siskaeee juga menggunakan jilbab.

"KTP nya Islam. Foto KTP yang bersangkutan juga pakai jilbab," sebutnya.

Soal perbedaan penampilan Siskaeee saat diamankan di Bandung dan saat pemeriksaan, Yuli menegaskan hal itu karena permintaan dari Siskaeee sendiri. Polisi pun kemudian mengabulkan permintaan itu.

"Ketika dia (Siskaeee) mau dibawa dari Bandung, yang bersangkutan minta pakai jilbab. Ya kami kabulkan," ucap mantan Kapolres Kulon Progo itu.

Selain itu, Yuli juga menegaskan jika jilbab hitam yang dipakai Siskaeee bukan pemberian polisi merupakan milik Siskaeee pribadi.

"Dan jilbab itu dia sendiri yang punya, bukan polisi yang kasih," pungkasnya.

(sip/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT