Heboh Ekskavator Terbalik di Rawa Jombor Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 20:06 WIB
Tangkapan layar ekskavator terbalik di Rawa Jombor, Klaten, Selasa (7/12/2021).
Tangkapan layar ekskavator terbalik di Rawa Jombor, Klaten, Selasa (7/12/2021). (tangkapan layar medsos)
Klaten -

Satu unit ekskavator terjungkal dan terbalik masuk ke Rawa Jombor di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Sebelumnya, alat berat tersebut hendak bersandar setelah mengeruk rawa yang direvitalisasi.

Kejadian tersebut viral setelah terekam kamera warga di lokasi. Di salah satu grup Facebook, rekaman video berdurasi sekitar 25 detik itu terlihat satu ekskavator terbalik. Lokasi kejadian berada di tempat sandar alat berat di tepi rawa.

"Breaking News! Excavator (Beko) Tenggelam di Rowo Jombor Sore ini. Dan di kabarkan operatornya selamat...penyebabnya karena tak kuat menarik warung apung rowojombor," tulis unggahan itu di kata pengantar video.

Pada video juga ada narasi, "beckho ne glimpang lur (beckho terguling lur),".

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Desa Krakitan, Nurdin, membenarkan ada kejadian tersebut. Tidak ada laporan korban jiwa atau luka.

"Iya benar ada (ekskavator terbalik di Rawa Jombor). Tapi tidak ada korban jiwa atau luka," kata Nurdin kepada detikcom, Selasa (7/12/2021).

Terpisah, Kapolsek Bayat AKP Tri Harni Sugondo menjelaskan ekskavator itu berada di rawa untuk pembersihan lokasi.

"Iya (ekskavator masuk ke rawa). Tapi sopirnya bisa keluar dan tidak ada korban jiwa," kata Tri Harni saat dihubungi detikcom.

Warga setempat, Sriyono, mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB tadi. Diduga gegara ponton lepas dan ekskavator terbalik.

"Pontonnya lepas sehingga ekskavator terbalik. Rantainya ada di atas, mungkin diangkat besok tapi pelaksanaannya di lokasi biasa saja," kata Sriyono kepada detikcom.

(rih/ams)