Sekda Klaten Dimutasi Jadi Staf Ahli Bupati, Ada Apa?

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 17:01 WIB
Bupati Klaten Sri Mulyani, Selasa (30/3/2021).
Bupati Klaten Sri Mulyani, Selasa (30/3/2021). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jaka Sawaldi, dimutasi menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Pergeseran jabatan tersebut dilakukan secara tertutup di ruang rapat B2 Pemkab Klaten.

Pelantikan pejabat baru tersebut dipimpin Bupati Klaten Sri Mulyani pukul 13.30 WIB hari ini. Pelantikan dihadiri Asisten 1 Bidang Tata Pemerintahan dan Kesra, Roni Roekmito; Staf Ahli Kemasyarakatan, Sip Anwar; Asisten 2 bidang Pembangunan, Tajudin Akbar; dan beberapa pejabat lainnya.

Bupati Klaten Sri Mulyani menjelaskan pergeseran tersebut sudah sesuai aturan. Sebab jabatan tinggi pratama bisa dievaluasi minimal dua tahun.

"Jabatan tinggi pratama itu kan bisa dievaluasi setelah minimal 2 tahun dan maksimal 5 tahun. Pak sekda ini menjabat sudah 6 tahun 5 bulan," kata Sri Mulyani kepada detikcom usai pelantikan, Selasa (7/12/2921).

Diterangkan Mulyani, pelantikan tersebut sudah sesuai aturan dan tidak ada masalah apapun. Untuk selanjutnya kekosongan akan diisi pelaksana harian (plh).

"Untuk plh sekda tadi sudah saya serahkan langsung, plh sekda adalah asisten 1 (Roni Roekmito). Ini tidak akan mempengaruhi, ini hal biasa," sebut Mulyani.

Setelah itu, papar Mulyani, Pemkab segera akan segera mengajukan permohonan pengisian ke gubernur. Pemkab akan segera menyiapkan sesuai aturannya.

"Setelah ini nanti secara prosedural kita akan mengajukan untuk plt. Kan nanti ada berkas yang harus disiapkan," pungkas Mulyani.

Sementara itu, Jaka Sawaldi menanggapi santai pergeseran tersebut. Pergeseran di pemerintahan disebutnya sebagai hal yang biasa.

"Ini hal yang biasa. Sesuai aturan jabatan tinggi pratama kan bisa dievaluasi setelah dua tahun, padahal saya ini sudah 6,5 tahun, saya legawa dan sejak awal legawa," ucap Jaka Sawaldi kepada detikcom.

Sedangkan Plh Sekda Klaten saat ini, Roni Roekmito, menjelaskan dirinya menjadi plh sampai terpilih pelaksana tugas (plt).

"Mudah-mudahan sebelum saya pensiun sudah ada plt. Karena plt harus penetapan dari gubernur dan pengisian sekda definitif harus dengan lelang dan panitia dari provinsi," kata Roni kepada detikcom.

Lihat juga Video: Mbah Minto Dituntut 2 Tahun Gegara Bacok Pencuri, Warga Beri Dukungan

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)