Ganjar Minta Setop, Pertambangan di Sungai Klaten Berhulu Merapi Tetap Jalan

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 16:48 WIB
Aktivitas penambangan pasir di Sungai Woro, Klaten, Selasa (7/12/2021).
Aktivitas penambangan pasir di Sungai Woro, Klaten, Selasa (7/12/2021). Foto: Achmad Syauqi/detikcom

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta warga sekitar Gunung Merapi untuk tetap waspada bencana. Aktivitas tambang pasir juga diminta dihentikan dahulu karena berisiko.

"Saya minta Anda semua minggir dulu. Kami sudah berkoordinasi dengan Kapolda untuk kita tertibkan. Mulai hari ini saya peringatkan, di tengah kondisi curah hujan makin tinggi, maka yang di sekitar Merapi khususnya aliran-aliran sungai tolong berhenti menambang. Baik yang legal apalagi ilegal, saya minta anda semua minggir dulu dari wilayah itu karena berbahaya," ujar Ganjar kepada wartawan usai melepas relawan untuk membantu korban erupsi Semeru di kantornya, Senin (6/12).

Sungai-sungai sekitar Gunung Merapi seperti Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Putih, Gendol dan Woro. Sebab, lanjut Ganjar, dengan curah hujan yang sangat tinggi, potensi bahaya lahar pada semua sungai yang berhulu di Merapi sangat membahayakan.

Untuk diketahui, satu unit truk dan sopirnya hanyut tersapu banjir lahar hujan Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (1/12) sore lalu.

"Ini peringatan saya untuk kesekian kali. Setelah ini kami akan menggelar operasi untuk menertibkan," ujarnya.


(rih/ams)