Beberapa Lokasi di Klaten Padam untuk Pemeliharaan Jaringan PLN, Mana Saja?

Achmad Syauqi - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 08:06 WIB
Pengumuman pemeliharaan jaringan distribusi 7 Desember 2021.
Pengumuman pemeliharaan jaringan distribusi 7 Desember 2021. (Foto: Dok PLN)
Klaten -

Beberapa lokasi di Klaten, Jateng, dijadwalkan terkena pemadaman listrik sementara hari ini, Selasa (7/12/202). Pemadaman dilakukan dalam rangka pemeliharaan jaringan distribusi rutin oleh PT PLN area Klaten.

Pada edaran jadwal yang dikeluarkan PT PLN, pemeliharaan Jaringan distribusi itu dilakukan di Wilayah atau unit pelayanan pelanggan (ULP) Kota. Pekerjaan pemeliharaan dilakukan mulai pukul 09.00 WIB- 14.00 WIB.

Lokasi yang padam akibat pemeliharaan itu meliputi beberapa lokasi,dusun dan desa di Kecamatan Wedi dan Jogonalan. Antara lain di Pasar Wedi, Pencar, Gatak Grojogan, Ronggogalan Pandes, Pandes, Kenteng, Irobangsan, Sidorejo, Karang, Pakahan, Srowot sebagian, Birit, Kuntulan, Sidorejo Gadungan, Gatak, Canan, Kalitengah.

Pemeliharaan jaringan itu dengan catatan waktu padam dapat berubah di luar jadwal apabila terkendala kondisi lapangan.

Manajer Jaringan PT PLN UP3 Klaten, M Mulki Maulana menjelaskan kegiatan tersebut bukan karena ada gangguan. Kegiatan tersebut merupakan pemeliharaan jaringan distribusi rutin.

"Bukan gangguan tapi ini pemeliharaan yang sudah terencana.Pemeliharaan ini diikuti dengan Pemadaman," sebut Mulki Maulana kepada detikcom, Selasa (7/12/2021) pagi.

Mulki mengungkapkan ada beberapa metode dalam rangka kegiatan pemelihara yang dilakukan oleh PT PLN. Pemeliharaan bisa dengan pemadaman dan juga bisa tidak.

"Pemeliharaan jaringan listrik, ada dengan pemadaman dan ada yang tanpa pemadaman dengan Metode PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan). Tapi kalau besok dengan pemadaman," terang Mulki.

Mulki mengimbau masyarakat untuk menjaga keselamatan ketenagalistrikan agar tidak membahayakan. Cara paling sederhana dengan tidak mendirikan bangunan dekat jaringan.

"Jangan mendirikan bangunan, tiang, antena, atau baliho dekat dengan jaringan listrik. Jarak aman adalah 3 meter dari jaringan listrik," sambung Mulki.

Cara lainnya, jelas Mulki, masyarakat tidak bermain layang-layang di bawah atau dekat jaringan listrik. Di saat menebang pohon karena khawatir ambruk atau untuk keperluan juga harus waspada.

''Jangan melakukan penebangan pohon atau lainnya yang berdekatan dengan jaringan tanpa koordinasi dengan petugas PLN. Hindari bermain layang-layang di dekat jaringan," pungkas Mulki.

Simak juga 'Momen Ketegasan Jokowi 'Sentil' Pertamina dan PLN':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)