ADVERTISEMENT

Kisah Pencarian Pendaki Ukraina yang Hilang di Merbabu Saat Cuaca Buruk

Ragil Ajiyanto - detikNews
Senin, 06 Des 2021 18:33 WIB
BTNGMb memberikan pernghargaan kepada relawan yang menemukan Mykola, warga Ukraina yang sempat hilang saat mendaki Merbabu, Senin (6/12/2021).
BTNGMb memberikan pernghargaan kepada relawan yang menemukan Mykola, warga Ukraina yang sempat hilang saat mendaki Merbabu. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Upaya pencarian pendaki asal Ukraina, Mykola, yang sempat tersesat dan hilang di Gunung Merbabu, ternyata berlangsung dalam cuaca buruk. Malam itu kondisi cuaca di Gunung Merbabu hujan deras disertai angin kencang.

"Jadi pada hari ini kami memberikan penghargaan kepada relawan yang kemarin telah melakukan misi kemanusiaan, membantu seorang warga negara asing yang tersesat di Taman Nasional Gunung Merbabu. Jadi sebagai ucapan terima kasih, kita memberikan penghargaan kepada relawan tersebut," kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Junita Parjanti, saaat ditemui usai memberikan penghargaan kepada relawan tersebut di kantornya, Senin (6/12/2021).

Ada 10 relawan yang mendapatkan penghargaan tersebut. Mereka adalah relawan jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo. Pada Sabtu (4/12) malam itu mereka naik ke Merbabu untuk melakukan pencarian kepada Mykola.

Para relawan naik atas inisiatif mereka sendiri untuk misi kemanusiaan sebelum operasi SAR pencarian warga negara Ukraina yang dilaporkan hilang itu dilaksanakan. Padahal cuaca Gunung Merbabu saat itu tidak memungkinkan, karena cuaca hujan angin.

"Jadi misi kemanusiaan ini dilakukan memang atas inisiatif mereka, atas dasar karena mereka relawan, misi kemanusiaan sebelum open SAR dilakukan oleh pihak yang terkait," jelasnya.

"Misi kemanusian ini sangat penting mengingat kondisi cuaca juga sangat tidak memungkinkan ya. Cuaca hujan angin, badai dan mereka terpanggil untuk membantu siapa pun yang mengalami kesulitan. Dengan cepat tetapi tetap sesuai dengan standar prosedur dan kelengkapannya," imbuh Junita.

Maka, pihaknya memberikan ini kepada para relawan yang dengan cepat, tanggap melakukan kegiatan penyelamatan warga negara asing. Junita mengucapkan terima kasih kepada para relawan ini, karena tanpa aksi cepat mereka, hasilnya tidak bisa sebaik itu.

Lebih lanjut Junita mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan pendakian untuk melakukan persiapan dengan baik. Persiapan fisik dan berbekalan harus lengkap.

"Jadi segala sesuatu apalagi mau mendaki gunung, apapun itu tentunya persiapan fisik, perbekalan itu harus lengkap," imbuh Junita.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT