Raja-Ratu Keraton Agung Sejagat Kembali Ditangkap!

Rinto Heksantoro - detikNews
Senin, 06 Des 2021 17:11 WIB
Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat kembali ditangkap, Senin (6/12/2021).
Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat kembali ditangkap, Senin (6/12/2021). (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)

Di kesempatan yang sama, Kasi Intelijen Kejari Purworejo Muh Arief Yunandi menambahkan berdasarkan Putusan MA RI Nomor: 1500K/Pid.Sus/2021 tanggal 8 Juli 2021 menyatakan bahwa terpidana Toto Santoso dan Fanni Aminadia telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana turut serta dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat sesuai dengan Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Atas dasar itu, Toto Santoso dijatuhi pidana penjara selama 4 tahun dan Fanni Aminadia dijatuhi pidana penjara selama 1 tahun 6 bulan. Karena putusan kasasi di MA menguatkan putusan PN Purworejo, maka Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat akan kembali masuk penjara untuk menyelesaikan sisa hukuman.

Toto akan mendekam kembali di sel Rutan Purworejo selama 2 tahun 10 bulan sedangkan Fanni akan menghabiskan sisa hukuman selama sekitar 4 bulan.

"Berdasarkan hal tersebut, maka terpidana R Toto Santoso selanjutnya akan melanjutkan sisa masa hukuman di Rutan Purworejo sesuai dengan masa hukuman masing-masing," jelasnya.


(rih/sip)