Ikhtiar Sehat Sambil Adu Peruntungan, Vaksinasi di Klaten Berhadiah Motor

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 09:31 WIB
vaksinasi berhadiah motor di klaten
(Foto: tangkapan layar akun medsos)
Klaten -

Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten memberikan sepeda motor bagi warga yang ikut vaksinasi COVID-19. Sepeda motor tersebut sebagai hadiah bagi warga yang beruntung.

"Ya betul (ada hadiah motor). Kebetulan Dinkes diajak kerjasama untuk meningkatkan minat vaksinasi masyarakat. Akan diberikan hadiah 1 sepeda motor yang akan diundi," sebut Tim Ahli Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten, Roni Roekmito, kepada detikcom, Jumat (3/12/2021) pagi.

Menurut Roni, jumlah sepeda motor hanya satu unit sebagai hadiah utama. Tapi selain itu ada hadiah lainnya.

"Hanya 1 sepeda motor sebagai hadiah utama dan ada bingkisan yang lain. Intinya itu untuk menarik minat masyarakat agar mau divaksin," lanjut Roni.

Upaya itu, terang Roni merupakan bagian dari usaha untuk mengejar target vaksinasi. Satgas menargetkan sampai akhir tahun ini 95 persen warga sudah tervaksin dari 1 juta lebih sasaran.

"Sehingga target 95 persen vaksinasi di akhir 2021 bisa tercapai. Sebab sampai saat ini baru tercapai 78, 57 persen," imbuh Roni.

Vaksinasi berhadiah sepeda motor tersebut juga viral di media sosial. Di grup Facebook info seputar Wedi leaflet dan jadwalnya diunggah lengkap.

Pada unggahan foto tersebut bergambar sebuah sepeda motor matic. Tertulis Vaksinasi tersebut dimulai 6-16 Desember 2021 yang berlaku untuk semua masyarakat Klaten.

Hari pertama tanggal 6-7 vaksinasi dilakukan di Klaten Kota. Disusul tanggal 8- 9 Desember di wilayah Kecamatan Pedan, dan 15-16 di Kecamatan Delanggu.

Untuk di Puskesmas dan semua RS berlangsung sejak 6-16 Desember. Ada beberapa ketentuan vaksinasi berhadiah tersebut.

Tata tertib untuk menerima kupon vaksin berhadiah antara lain berlaku untuk masyarakat Kabupaten Klaten yang sukses disuntik vaksin COVID-19 pada Kurun waktu -1 Desember 2021, tempat vaksinasi di Klaten Kota, Pedan, Delanggu dan semua Puskesmas serta Rumah Sakit se-Klaten dan pajak ditanggung pemenang.

Purwanti, warga Kecamatan Pedan mengaku penasaran dengan vaksinasi berhadiah tersebut. Banyak tetangganya menanyakan kebenaran informasi itu.

"Banyak warga yang bertanya tentang vaksinasi berhadiah tersebut. Tapi saya tidak bisa jelaskan karena menyebar di medsos," ungkap Purwanti kepada detikcom.

(mbr/mbr)