Gres! Pimpinan DPRD Bantul Tunggangi Mobil Dinas Baru Rp 500 Juta

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 18:30 WIB
Penampakan mobil dinas baru pimpinan DPRD Bantul, Kamis (2/12/2021).
Penampakan mobil dinas baru pimpinan DPRD Bantul (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul -

Menjelang akhir tahun tiga wakil ketua DPRD Kabupaten Bantul mendapatkan kendaraan dinas baru seharga sekitar Rp 500 juta. Sementara itu, Ketua DPRD Bantul mengaku belum mendapatkan mobil dinas baru.

Pantauan detikcom, ada tiga unit truk towing yang membawa tiga unit mobil Honda CRV keluaran tahun 2021 tiba di halaman parkir DPRD Bantul sekitar jam 16.00 WIB sore ini. Mobil baru dari truk towing itu kemudian diturunkan ke tempat parkir yang teduh.

Sekretaris DPRD Bantul Prapta Nugroho mengatakan tiga unit mobil itu merupakan mobil dinas baru untuk para wakil ketua DPRD Bantul. Menurutnya, pengajuan mobil dinas baru untuk pimpinan DPRD sudah diajukan pada APBD tahun 2020 namun anggaran dicoret karena recofusing penanganan COVID-19.

"Baru pada anggaran murni tahun 2021 ini akhirnya mobil dinas untuk Wakil Ketua DPRD baru direalisasikan. Itu pun pada akhir tahun," ucap Prapta kepada wartawan di DPRD Bantul, Kamis (2/12/2021).

Ketiga unit mobil baru tersebut menggantikan mobil dinas yang lama Nissan X-Trail yang usianya sudah lebih dari lima tahun. Prapta beralasan penggantian ini dilakukan karena mobil dinas yang lama sudah sering diperbaiki.

"Mobilnya tadi langsung dikirim dari Dealer Honda Gajah Mada Semarang dengan menggunakan tiga truk towing," katanya.

Dia menyebut ketua DPRD Bantul juga mendapatkan mobil dinas baru. Namun, hingga hari ini hal tersebut belum terealisasi.

"Untuk Pak Ketua DPRD Bantul mobil dinas baru yakni Mitsubishi Pajero," ucapnya.

Dihubungi terpisah, Ketua DPRD Bantul Hanung Raharja enggan berkomentar soal mobil dinas baru untuk pimpinan DPRD. Politikus PDIP ini mengatakan sampai hari ini mobil dinasnya yang baru belum datang.

"Ya mungkin ora komanan (tidak kebagian mobil dinas baru)," jawab Hanung singkat.

Sementara itu, salah satu markerting dealer Honda Gajah Mada Semarang yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, Honda CRV ini bukan varian tertinggi. Namun, mobil berkapasitas 1.500 CC yang dilengkapi turbo ini satu tingkat dibawah Honda CRV dari varian tertingginya.

"Untuk harga satu unitnya sekitar Rp 500 juta. Sehingga untuk tiga unit Honda CRV ini senilai Rp 1,5 miliar," katanya.

(ams/sip)