Kacau! Pendeteksi Curah Hujan di Kalibawang Kulon Progo Digondol Maling

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 17:52 WIB
Polisi melakukan olah TKP pencurian alat deteksi curah hujan di Kalibawang, Kulon Progo, DIY, Rabu (1/12/2021).
Polisi melakukan olah TKP pencurian alat deteksi curah hujan di Kalibawang, Kulon Progo, DIY, Rabu (1/12/2021). (Foto: dok Polres Kulon Progo)
Kulon Progo -

Aksi pencurian alat pendeteksi curah hujan terjadi di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kasus pencurian ini sekarang sedang ditangani kepolisian setempat.

"Iya benar kami dapat laporan bahwa salah satu alat pendeteksi curah hujan yang terpasang di Pos Curah Hujan di Kalibawang, Kulon Progo, hilang. Sekarang kami sedang melakukan pengusutan terkait dengan kasus pencurian tersebut," ungkap Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry, saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (1/12/2021).

Jeffry menerangkan, hilangnya alat deteksi curah hujan itu pertama kali diketahui pada Selasa (30/11) siang kemarin. Saat itu petugas pos pantau sedang melakukan pengecekan rutin di lokasi.

Namun petugas justru mendapati salah satu alat deteksi curah hujan yang memiliki jam dan bisa memutar grafik data curah hujan di lokasi setempat itu telah lenyap. Peristiwa itu kemudian dilaporkan ke polisi.

"Alat ini berbentuk bulat warna kuning yang terbuat dari kuningan. Nah waktu dicek ternyata sudah tidak ada di lokasi, dari situ kemudian petugas pos kemudian melaporkan ke kami," ujarnya.

Jeffry mengatakan atas kejadian ini Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Energi dan Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY selaku pemilik alat tersebut mengalami kerugian sekitar Rp 22 juta.

"Kerugiannya sampai Rp 22 juta, senilai harga alat tersebut," imbuh Jeffry.

(rih/sip)