Kronologi Mbah Minto Bela Diri Lawan Pencuri hingga Dituntut 2 Tahun Bui

Mochamad Saifudin - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 20:41 WIB
Kejari Demak jelaskan alasan penuntutan Mbah Minto yang membela diri melawan pencuri.
Kejari Demak jelaskan alasan penuntutan Mbah Minto yang membela diri melawan pencuri. Foto: Mochamad Saifudin/detikcom

Senin 11 Oktober 2021

Pihak kepolisian baru menerima laporan perkara pencurian yang tersangkanya merupakan korban yang dibacok Mbah Minto.

"Selanjutnya bahwa pelapor terkait pencurian ini, terkait kasus yang lain, yaitu pencurian yang dilaporkan ternyata tersangkanya adalah daripada korban yang dibacok tersebut. Jadi dilaporkan pada tanggal 11 Oktober 2021 dan sekarang sudah kita tangani oleh Satreskrim, sudah kita periksa empat saksi dan barang bukti yang sudah kita amankan," jelas Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono.

Rabu 13 Oktober 2021

Polres Demak menegaskan menangani kedua kasus tersebut secara profesional. Terkait kasus pencurian, pihaknya berkomitmen menuntaskan kasus tersebut hingga tuntas.

"Intinya kita akan komitmen secara profesional akan kita tuntaskan. Kalau terkait kasus dengan penganiayaan kita sudah limpahkan ke kejaksaan, untuk khusus terkait dengan kasus pencurian ini kita selesaikan secara profesional, kami sidik sampai kita tuntaskan," ujarnya.

Senin 25 Oktober 2021

Mbah Minto didakwa kasus penganiayaan atau melanggar Pasal 351 ayat (2) KUHP di Pengadilan Negeri Demak. Mbah Minto menjalani sidang dari rutan via online.

Dalam sidang perdana tersebut penasihat hukum Mbah Minto meminta penangguhan tahanan namun ditolak oleh majelis hakim. Ketua majelis hakim M Deny Firdaus mengatakan tidak adanya penjamin dalam sidang tersebut.

Senin 29 November 2021

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Handi Christian menuntut Mbah Minto dua tahun dalam persidangan di Pengadilan Negeri Demak. JPU menyakini Mbah Minto telah melakukan penganiayaan berat atau telah melanggar Pasal 351 ayat (2) KUHP.

"Jadi terhadap perkara ini, kita sudah melakukan penuntutan terhadap terdakwa Kasmito bin Jasmani. Itu per tanggal 29 November 2021, selama dua tahun penjara. Tuntutan dua tahun penjara ini tentu sudah kita pertimbangkan dengan baik, baik secara psikologis, sosiologis, maupun secara yuridis. Di mana penganiayaan yang dilakukan mbah Kasmito cenderung penganiayaan berat. Sebagaimana diatur Pasal 351 ayat 2 KUHP," kata Kajari Demak Suhendra saat konferensi pers, Selasa (30/11/2021).

Sementara penasihat hukum Mbah Minto merasa tuntutan terhadap Mbah Minto memberatkan lantaran usianya yang sudah lanjut. Pihaknya juga meminta agar kasus tersebut dilihat dari hukum sebab akibatnya.

Selanjutnya, penjelasan Kejari Demak.