Imbau Warga Tak Liburan Saat Nataru, Gibran: Nonton Home Alone Saja

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 18:52 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Kamis (21/10/2021).
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Kamis (21/10/2021). Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memperketat aturan selama periode Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Dia mengimbau masyarakat untuk tidak liburan di akhir tahun.

Gibran pun melarang ASN cuti di masa libur Nataru. Selain itu, anak sekolah pun tidak diberi libur panjang.

"Pokoknya jangan liburan dulu, libur kenaikan kelas di rumah saja, nonton (film) Home Alone. Kan filmnya itu terus," kata Gibran di Balai Kota Solo, Selasa (30/11/2021).

Adapun pengetatan aturan di masa Nataru diatur dalam SE Wali Kota Solo Nomor 067/4619. Aturan tersebut antara lain memundurkan jadwal penyerahan hasil rapor anak sekolah ke bulan Januari 2022.

Kemudian Gibran juga melarang kegiatan pawai atau event khusus selama Nataru. Dia juga menutup semua alun-alun pada tanggal 31 Desember 2021 sampai dengan 1 Januari 2022 untuk mencegah keramaian di tempat umum.

Gibran juga mengajak masyarakat untuk di rumah saja selama periode Nataru. Termasuk dia mengimbau agar masyarakat tidak pergi ke bioskop hingga tempat wisata.

Meski begitu, Gibran tetap memperbolehkan mal buka dengan kapasitas 50 persen. Aktivitas ibadah Natal di gereja pun diperbolehkan dengan memperketat protokol kesehatan.

"Nggak usah ke bioskop, nunggu reda dulu, menahan diri dulu jangan pulang kampung jangan ke tempat wisata. Aturan sudah tertuang di SE, jangan bepergian dulu," tutupnya.

(ams/rih)