Pemalang Masih PPKM Level 3, Ternyata Ini Sebabnya

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 14:52 WIB
Vaksinasi lansia di Kecamatan Comal Pemalang. Pemalang masuk PPKM level 3 karena kurangnya target vaksinasi lansia.
Vaksinasi lansia di Kecamatan Comal Pemalang. (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Pemalang -

Kabupaten Pemalang merupakan salah satu dari dua daerah di Jawa Tengah yang menerapkan PPKM level 3. Pemkab Pemalang yang pada periode sebelumnya juga menerapkan PPKM Level 3 menyebut hal itu tidak terkait dengan tingginya kasus virus Corona. Lalu apa?

"Ya karena vaksin lansia kita kurang dari 40 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang Solahudin saat dihubungi detikcom, Selasa (30/11/2021).

Solahudin menyebut data vaksinasi lansia per Senin (29/11) ditargetkan 123.605, dosis pertama baru terserap 38,74 persen atau 47.888 lansia yang telah divaksin. Kemudian untuk dosis kedua baru mencapai 24,19 persen atau 29.903 lansia yang tervaksin.

"Kalau total keseluruhan warga yang tervaksin, sebenarnya sudah mencapai 54,63 persen untuk dosis pertama, dari total sasaran 1.147.799," jelas Solahudin.

Kemudian dari total sasaran itu, lansia yang telah menerima dosis kedua mencapai 36,52 persen atau 419.198. Kemudian untuk vaksin dosis ketiga baru 0,28 persen atau 3.271 warga.

"Kita masih melakukan percepatan vaksinasi, terutama para lansia, kita akan jemput bola atau mendekatkan gerai vaksinasi ke rumah-rumah lansia," tutur dia.

Percepatan vaksinasi di Pemalang

Dia menyebut berbagai upaya percepatan vaksinasi dilakukan Pemkab Pemalang bersama Polri-TNI. Salah satunya dengan menyediakan makanan gratis di lokasi vaksinasi. Hal ini dilakukan tim Muspika Comal hari ini.

"Kita buka gerai vaksinasi di Pendopo Kecamatan Comal. Untuk hari ini kita siapkan eksra makanan, masyarakat setelah vaksin bisa menikmati bakso siomay dan lain-lainnya, target sebanyak-banyaknya, baru tercatat ada 400 warga," jelas Kapolsek Comal, AKP Heru Irawan, kepada detikcom di Pendopo Kecamatan Comal, siang ini.

Heru menyebut dengan adanya menu makanan seperti bakso dan siomay gratis ini, diharapkan bisa menarik warga untuk divaksin. Pihaknya pun siap antar jemput khusus warga lansia.

"Kita siapkan anggota untuk antar dan jemput bagi lansia. Kita melakukan percepatan vaksin," imbuh Heru.

Capaian Vaksinasi di Pemalang

Heru mengatakan dari catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, serapan vaksin di Kecamatan Comal telah mencapai di atas 60 persen. Pihaknya pun masih akan menggenjot target vaksinasi ini.

"Masih 60 persenan. Mungkin terkendala karena lansia, takut di suntik dan komorbid," ujarnya.

Terpisah, salah seorang lansia warga Purwosari, Comal, Kusnanto (68) mengaku tidak sakit saat disuntik vaksin. Dia pun tidak merasakan KIPI.

"Saya sudah vaksin, jenis Sinovac. Untuk lansia seumuran saya ya bisa karena penyakit bawaan dan takut disuntik," ujar Kusnanto.

"Tidak ada efeknya. Aman," katanya.

(ams/sip)