Sudah Tahu Belum? Ada Museum Satwa hingga Sandi di Yogyakarta

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 18:35 WIB
Museum Sandi di Yogyakarta.
Museum Sandi di Yogyakarta. (Foto: dok website Badan Siber dan Sandi Negara)

6. Museum Gembira Loka

Dilansir di website Dinas Kebudayaan DIY, gregahmuseum.jogjaprov.ho.id, secara singkat dijelaskan lokasi ini berada di Kebun Raya dan Kebun Binatang Gembira Loka Kota Yogyakarta. Tempat rekreasi ini ada di atas lahan seluas 20,4 hektare dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada tanggal 10 November 1953 dengan koleksi berjumlah 186 jenis satwa dan 350 jenis tumbuhan.

7. Museum Bank Indonesia

Dalam catatan detikcom, Gedung Bank Indonesia Yogyakarta awal mulanya adalah sebuah kantor cabang De Javasche Bank Djogdjakarta. Gedung tersebut dibangun sekitar tahun 1879. Pembangunan Kantor Cabang De Javasche Bank Yogyakarta ini merupakan usulan dari Firma Dorrepaal and Co Semarang.

Kantor Cabang De Javasche Bank di Yogyakarta dengan luas sekitar 300 meter persegi itu terletak di jantung kota. Tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, Gedung Agung dan Benteng Vredeburg.

Dari beberapa catatan sejarah, bangunan bergaya Eropa tersebut dibuat oleh arsitek Hulswitt dan Cuypers.

Pada masa Jepang masuk pada tahun 1942 kegiatan operasional bank tersebut terhenti. Kemudian berganti menjadi Nanpo Kaihatsu Ginko yang berfungsi sebagai bank sirkulasi uang di Jawa. Setelah kemerdekaan, Kantor Cabang De Javasche Bank beroperasi kembali hingga tahun 1948 saat Ibu Kota RI berada di Yogyakarta. Namun kemudian ditutup saat Agresi Militer Belanda. Setelah Konferensi Meja Bundar (KMB), kantor ini beroperasi kembali.

Dengan diberlakukannya UU No.11/1953 pada 1 Juli 1953, De Javanche Bank berubah menjadi Bank Indonesia (BI).

Gedung tersebut kemudian menjadi Kantor Cabang Bank Indonesia, Yogyakarta dan mulai 1 Agustus 1996 berubah menjadi Kantor Bank Indonesia (BI) Yogyakarta.

Gedung ini memiliki tiga lantai fungsinya yang berbeda-beda. Saat ini gedung tersebut selain menjadi galeri bisa dikunjungi oleh masyarakat umum. Setelah menenmpati gedung baru di sebelah timurnya, gedung bekas De Javasce Bank itu dibuka untuk umum dan diresmikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 17 Februari 2012.

8. Museum Sandi

Museum Sandi berada di Jalan Faridan Muridan Noto, No 21, Kota Yogyakarta. Dilansir di website Badan Siber dan Sandi Negara, bssn.go.id, Museum Sandi diprakarsai Kepala Lembaga Sandi Negara RI, Mayjen TNI Nachrowi Ramli dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tahun 2006.

Museum ini menempati bangunan cagar budaya berarsitektur Belanda digunakan sebagai kantor Kementerian Luar Negeri pada sekitar tahun 1947. Selain berisi ilmu mengenai sejarah persandian pada masa Agresi Militer Belanda I dan II, museum ini juga mengenalkan cara membuat pesan sandi sederhana menggunakan pensil dan kertas. Museum ini memuat sejarah pendirian institusi pengamanan berita rahasia pada awal kemerdekaan Indonesia oleh Bapak Persandian Indonesia, dr Roebiono Kertopati.


(sip/ams)