Kasus Corona PTM Solo Bertambah Jadi 28 Siswa dan 2 Guru Positif

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 17:31 WIB
Virus Omicron di Indonesia Belum Terdeteksi, Ini Langkah Pencegahan Pemerintah
Ilustrasi virus Corona. (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Solo -

Hasil surveilans pembelajaran tatap muka (PTM) di Solo, Jawa Tengah masih menunjukkan penambahan angka kasus konfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Hingga hari ini jumlah kasus positif Corona di Solo dari hasil tracing tersebut bertambah menjadi 28 siswa dan dua guru.

"Dari hasil surveilans awal ditambah dengan hasil tracing menunjukkan penambahan, sekarang menjadi 30 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, kepada wartawan di Balai Kota Solo, Senin (29/11/2021).

Rincian puluhan kasus tersebut, yakni 2 siswa dari SDN Cinderejo, 4 siswa dan 1 guru di SDN Semanggi Kidul, serta 11 siswa dan 1 guru di SD Beskalan. Lalu ada 8 siswa dari SMA Muhammadiyah 7, kemudian di SMAN 1, SMAN 6 dan SMAN 8 yang masing-masing 1 orang positif.

"Sedangkan hasil tracing di keluarga siswa belum ada yang terpapar. Jumlah sampel sekarang ada 10.248 orang, belum termasuk kontak di luar sekolah," kata dia.

Menurutnya, jumlah tersebut masih belum selesai. Sebab saat ini hasil swab dari sejumlah sekolah masih belum keluar.

"Terutama sekolah di bawah kemenag itu baru di-swab beberapa hari yang lalu, kemungkinan besok keluar hasilnya," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan sekolah yang ditemukan kasus COVID-19 akan ditutup sementara. Namun ketika tracing selesai dilakukan dan tidak ditemukan banyak kasus, maka sekolah akan kembali dibuka.

"Kita lihat dulu sampai exit test. Kalau hasilnya cuma sedikit, sekolah bisa langsung PTM lagi. Yang terpapar COVID-19 harus dikarantina dulu," ujarnya.

(sip/ams)