Nekat! ART di Godean Ini Gasak 4 Batang Emas Milik Majikannya

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 12:54 WIB
Ilustrasi emas batangan
Ilustrasi emas/logam mulia (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Sleman -

Seorang asisten rumah tangga (ART) dilaporkan ke Polsek Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pelaku mengaku mencuri emas batangan milik majikannya karena membutuhkan uang untuk melunasi utang.

Kanit Reskrim Polsek Godean Sleman Iptu Bowo Susilo mengatakan pelaku yakni seorang perempuan berinisial M (50) warga Kricak, Kota Yogyakarta. Sementara korban diketahui berinisial VA (35) warga Sidoarum, Kecamatan Godean, Sleman.

"VA melaporkan kehilangan 4 emas batangan seberat 25 gram yang ia simpan dalam tas," kata Bowo kepada wartawan, Senin (29/11/2021).

Bowo menjelaskan pencurian itu diketahui oleh korban pada Minggu (21/11) pukul 16.30 WIB. Saat itu korban kaget karena mengetahui 4 emas batangan yang disimpan di dalam tasnya hilang.

"Kecurigaan korban langsung mengarah ke M yang baru enam bulan bekerja di rumahnya. Saat itu tanpa sepengetahuan pelaku, korban masuk ke kamar pelaku dan melakukan pengecekan," kata Bowo.

Kecurigaan korban ternyata terbukti. Saat menggeledah kamar pelaku, ia menemukan satu keping emas batangan seberat 5 gram di dompet M.

Mengetahui hal itu, korban langsung menginterogasi pelaku, tetapi M selalu mengelak. Korban akhirnya melaporkan M ke Polsek Godean.

"Hasil interogasi, tersangka telah mencuri 4 keping emas batangan milik majikannya. 3 Emas batangan sudah dijual dan hasil penjualan habis untuk bayar utang," katanya.

"Dari tangan tersangka, kami menyita 1 batang emas yang belum sempat dijual," pungkas Bowo.

Atas perbuatannya, M dijerat Pasal 365 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

(sip/mbr)