Terinspirasi dari FX Rudy, Gibran Ingin Bangun Solo Utara

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 20:15 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri peluncuran buku FX Hadi Rudyatmo, Sabtu (27/11/2021).
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri peluncuran buku FX Hadi Rudyatmo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan keinginannya untuk melanjutkan pembangunan kawasan Solo Utara. Dia ingin Solo Utara menjadi kawasan yang lebih maju.

Hal tersebut disampaikan Gibran saat menghadiri bedah buku Kiprah FX Hadi Rudyatmo Menata Pembangunan Kota Solo karya Eddy J Soetopo. Pembangunan Solo Utara merupakan kelanjutan program yang pernah diinisiasi FX Hadi Rudyatmo saat menjabat Wali Kota Solo.

"Yang saya highlight dari buku ini tentang pemaparan Solo Utara. Ke depannya menjadi concern saya dengan Pak Teguh," kata Gibran di Gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah Solo, Sabtu (27/11/2021).

"Kami tidak ingin Solo Utara tertinggal. Bukan berarti di era Pak Rudy-Purnomo tertinggal, tapi sudah membuat fondasi yang kuat. Sekarang saya dengah Pak Teguh tinggal melanjutkan," sambungnya.

Gibran menyebut dirinya dimudahkan dalam melanjutkan pembangunan. Bahkan beberapa proyek tinggal dilakukan potong pita olehnya.

"Seperti Pasar Legi tinggal potong pita saja, banyak sekali kemudahan yang saya jalankan itu karena kerja keras Pak Rudy. Walaupun beliau sudah purna tugas, masih terus berkontribusi," ujar dia.

Gibran pun menyebut ada sejumlah proyek yang segera dimulai maupun segera selesai. Antara lain Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) yang rampung 2022 dan rel layang Joglo.

"Solo Technopark jadi tahun depan untuk banyak, terutama pengembangan UMKM. Ada Islamic Center, convention hall di samping pom bensin, tapi masih dibicarakan. Jurug proses pembicaraan tapi sepertinya deal," katanya.

Sementara itu, FX Hadi Rudyatmo mengatakan Gibran sebelumnya sudah menyampaikan keinginannya melanjutkan pembangunan Solo Utara. Dia pun mengapresiasi langkah tersebut.

"Menurut saya yang disampaikan itu wajar, yang disampaikan Mas Gibran itu melanjutkan, bukan membuat sesuatu yang baru. Mas Gibran bilang 'aku mau melanjutkan Solo Utara, pak'," pungkasnya.

(bai/ams)