Diguyur Hujan, Parkiran SD di Grobogan Ambruk-Pohon Tumbang Timpa Rumah

Manik Priyo Prabowo - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 18:17 WIB
Penampakan dampak hujan deras di Grobogan, Sabtu (27/11/2021)
Penampakan dampak hujan deras di Grobogan, Sabtu (27/11/2021) Foto: BPBD Grobogan
Grobogan -

Hujan deras disertai angin kencang menerjang Grobogan, Jawa Tengah siang ini. Akibatnya bangunan parkiran di SDN 2 Klambu ambruk dan sejumlah rumah rusak.

"Jalan Purwodadi-Kudus tepatnya Desa Klambu. Lalu lintas macet karena adanya 5 pohon tumbang melintang di jalan. Rumah rumah tertimpa pohon rusak berat dan parkiran sekolah SDN 2 Klambu roboh. Tidak ada korban jiwa," jelas Kepala BPBD Kabupaten Grobogan Endang Sulistyowati saat dihubungi detikcom, Sabtu (27/11/2021).

Endang menyebut peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB tadi, dan mengakibatkan arus lalu lintas di Desa Klambu yang menghubungkan jalur provinsi Grobogan ke Kota Kudus macet. Sejumlah rumah milik warga di desa tersebut juga dilaporkan rusak.

"Saat ini arus lalu lintas sudah lancar dan semua pohon sudah disingkirkan bersama petugas gabungan dan perangkat desa setempat," Lanjut Endang.

Sementara itu, meski diguyur hujan dengan intensitas sedang sampai lebat, belum terpantau adanya genangan banjir. Meski begitu, petugas mengimbau supaya masyarakat hati-hati saat beraktivitas di sekitar pohon karena dikhawatirkan rawan tumbang.

"Imbauan kita berikan supaya menghindari pohon tinggi saat hujan deras. Jika ada pohon besar dan membahayakan bisa laporkan ke petugas supaya ditindaklanjuti," pungkasnya.

(ams/ams)