FX Rudy Yakin Ada Mafia Tanah di Sriwedari, Minta Jokowi Turun Tangan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 15:59 WIB
Taman Sriwedari, Solo, Jumat (6/3/2020).
Taman Sriwedari (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Sengketa lahan Sriwedari, Solo, masih menjadi persoalan bagi Pemkot Solo. Mantan Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo meyakini adanya mafia tanah di balik persoalan yang tak kunjung usai tersebut.

Rudy menilai status Sriwedari sebetulnya sudah ditetapkan menjadi Hak Guna Bangunan (HGB) sejak 1979. Dengan demikian, lahan Sriwedari adalah milik negara.

"Nggak usah pakai saran apapun, Sriwedari selesai sejak 1979. Sudah dikonversikan RVE menjadi HGB. HGB itu batas 50 tahun dan kalau negara membutuhkan harus dilepas. Ada UU pokok agraria nomor 5 tahun 1960, jadi sudah selesai di awal," kata Rudy usai peluncuran buku Kiprah FX Hadi Rudyatmo Menata Pembangunan Kota Solo di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Solo, Sabtu (27/11/2021).

Dia pun mengaitkan situasi saat ini yang sedang ramai pembahasan tentang mafia tanah. Menurutnya, mafia tanah lahan Sriwedari harus ditangani.

"Jadi mumpung ada mafia tanah sedemikian rupa ini digeber sekalian, ada mafia nggak di situ. Saya jamin 1.000 persen ada," tegas dia.

Dia pun meminta agar Presiden Joko Widodo turun tangan dalam menyelamatkan aset Sriwedari karena dianggap sebagai milik negara. Menurutnya, Jokowi bisa memerintahkan Mahkamah Agung untuk mengecek kembali keputusan yang tidak pas.

"Saran saya kepala negara (Jokowi) harus ikut campur dalam masalah ini. Mungkin beliau bisa memerintahkan MA untuk cek lagi keputusan-keputusan tumpang tindih," kata dia.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani mengatakan Pemkot Solo telah memiliki empat sertifikat lahan secara de facto dan de jure, yakni Hak Pakai (HP) 40, 41, 42 dan 46.

"Kami sudah memiliki sertifikat itu, kami akan mengelola Sriwedari sesuai dengan anggaran APBD maupun dengan CSR (coorporate social responsibility). Kami tidak ingin Sriwedari itu mangkrak, karena lahan ini merupakan situs budaya," kata Ahyani.

Simak juga Video: Nirina Zubir Ungkap Kondisi Kesehatan Ayah dan Suaminya

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)