Didatangi Polisi, Lomba Kolong Merpati Pekalongan Ini Ternyata...

Robby Bernardi - detikNews
Sabtu, 27 Nov 2021 14:09 WIB
Tim vaksinator Kabupaten Pekalongan sasar kolong merpati dan jemput bola lansia
Tim vaksinator Kabupaten Pekalongan sambangi kolong merpati (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Pekalongan -

Tim vaksinator Kabupaten Pekalongan melakukan jemput bola bagi warga untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19. Hari ini tim menyasar ke tempat lomba burung merpati atau kolong merpati hingga ke rumah warga.

Tak hanya itu, tim vaksinator ini juga menyasar warga yang ada di pelosok desa, di antaranya para lansia di Desa Jetak Kidul, Kecamatan Wonopringgo, Pekalongan. Kapolres Pekalongan, AKBP Arief Fajar Satria menyebut kedatangannya bukan untuk membubarkan acara melainkan melakukan vaksinasi. Dalam sehari menargetkan ada 10 ribu warga yang divaksin.

"Sesuai dengan intruksi bapak Kapolri, bahwasanya pada hari ini mita lakukan vaksin serentak. Adapun berbagai inovasi, terobosan yang kita lakukan untuk optimalisasi vaksin ini," jelas Arif saat memimpin aksi razia vaksinasi ini kepada detikcom, Sabtu (27/11/2021).

"Saat ini kita datangi lomba kolong burung merpati. Tetap prokes, dan sebagai syarat kelanjutannya, peserta yang belum vaksin, diwajibkan untuk vaksin," tambahnya.

Selain itu, tim vaksinator juga melakukan jemput bola, dari rumah ke rumah. Salah satu target sasarannya yakni lansia yang tidak bisa datang ke gerai vaksin.

"Kita juga lakukan siraturahmi ke para lansia, dari rumah ke rumah, untuk melakukan vaksinasi," katanya.

Di lokasi yang sama, Kepala Puskesmas Wonopringgo, Chamim Yuniarno menyebut untuk memaksimalkan penyerapan vaksin ini pihaknya telah membentuk Mobile Vaksin Tim. Hal ini untuk memudahkan mobilitas tim menuju target vaksinasi.

"Ini sebuah terobosan baru, agar layanan vaksin dapat menyentuh warga di manapun berada, termasuk di arena kolong burung merpati ini," terang dia.

Chamim menyebut setiap harinya ada 5-9 titik layanan vaksinasi keliling. Pihaknya pun hadir untuk menjangkau warga yang tidak bisa mendatangi titik lokasi vaksinasi Corona.

"Kita jemput bola, ke rumah-rumah terutama lansia yang karena sesuatu hal belum bisa datang ke lokasi vaksin," katanya.

Tim vaksinator Kabupaten Pekalongan sasar kolong merpati dan jemput bola lansiaTim vaksinator Kabupaten Pekalongan sasar kolong merpati dan jemput bola lansia Foto: Robby Bernardi/detikcom

Dia menyebut dengan terobosan ini, capaian vaksin dosis pertama mencapai 70 persen, sedangkan untuk lansia mencapai 80 persen.

"Desember, sebelum Nataru, kita optimis bisa capaian target vaksinasi," imbuhnya.

Sementara itu, warga Jetak Kidul, Irwan (41) mengaku senang dengan adanya jemput bola vaksinasi ini. Peserta kolong merpati ini pun merasa terbantu karena memang belum vaksin.

Di lokasi yang sama, Irwan (41) warga Jetak Kidul, yang juga peserta lomba kolong merpati, mengaku merasa senang dengan upaya jemput bola petugas vaksinasi, kepolisian dan TNI.

"Saya baru pertama vaksin ini tadi. Saya senang karena layanan vaksin bisa sampai ke sini. Acara lomba kolong merpati juga tadi disebutkan, peserta harus divaksin. Ya kebetulan juga belum divaksin, langsung ke sini," katanya.

(ams/ams)