Korban Pertama Dukun Magelang Dimakamkan Prokes Ternyata Tewas Diracun

Eko Susanto - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 17:58 WIB
Polres Magelang jumpa pers kasus pembunuhan dengan korban pedagang sayur, Jumat (19/11/2021).
Dukun IS pembunuh 4 orang di Magelang (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Tetangga dukun pengganda uang di Magelang berinisial IS (57) tak menyangka jika pelaku tega menghabisi empat orang korbannya dengan racun sianida. Bahkan tak ada yang mengira jika M (52) yang dimakamkan dengan protokol kesehatan ternyata korban racun maut dukun IS.

Hal ini diungkapkan Kepala Desa Sutopati Slamet Nursidi. Slamet menyebut korban M yang meninggal mendadak sempat diduga terpapar virus Corona (COVID-19).

"Setelah diketahui ada orang meninggal di portal pintu masuk Dusun Karangtengah terus semua warga tidak ada yang berani nyentuh karena memang situasinya seperti itu (pandemi). Kita datangkan polsek, puskesmas sehingga kita manut aturan puskesmas, kita makamkan secara prokes," kata Slamet saat ditemui di kantornya, Selasa (23/11/2021).

Slamet mengungkap korban M ditemukan meninggal pada Kamis (14/5/2020) lalu. Kala itu, kasus Corona di Magelang sedang menanjak sehingga pemakaman menggunakan protokol kesehatan.

"Matinya seperti orang normal, ibarate mungkin punya semacam sakit jantung atau apa kan gitu. Pandemi masih hangat-hangatnya di masyarakat, bulan Mei, bulan puasa. Kita manut pemerintah aja," katanya.

"M ditemukan malam, kurang lebih jam 10 malam, langsung dimakamkan. Kalau nggak salah yang menemukan tamu, ada orang tergeletak itu ternyata sudah meninggal," tuturnya.

Kasus pembunuhan M pun baru terungkap pada saat pemeriksaan tersangka di Mapolres Magelang, Senin (22/11) kemarin. M diketahui merupakan tetangga desa dukun IS di Kecamatan Kajoran.

Terkait meninggalnya korban M, detikcom telah berupaya mendatangi rumah kerabatnya di Dusun Karanganyar, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Namun pihak keluarga tidak berada di rumahnya.


Total korban racun maut dukun tersebut berjumlah 4 orang yakni L (31), W (38), S (63), dan M (52). Motif racun sianida maut dukun IS hanya gegara uang.

"Motif sama untuk menguasai uang tersebut, tersangka juga memasukkan potas ke dalam air yang dituangkan dalam plastik bening sebagai syarat dalam mendoakan uang tersebut," ujar Kasat Reskrim Polres Magelang AKP M Alfan kepada wartawan dalam jumpa pers di kantornya, Senin (22/11).

Lihat juga Video: Pria Ini Racun Adik Ipar, Terancam Bui Seumur Hidup

[Gambas:Video 20detik]




(ams/rih)