Sudah 5 Jam, Kebakaran Pabrik Dua Kelinci Pati Belum Padam

Arif Syaefudin - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 16:34 WIB
Pati -

Kebakaran melanda pabrik PT Dua Kelinci di Jalan Raya Pati-Kudus, Margorejo, Pati, Jawa Tengah, sejak siang tadi. Kebakaran sudah berlangsung selama sekitar lima jam dan api masih belum padam.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Pati, Sugiyono, menyebut api mulai membakar kawasan pabrik pada sekitar pukul 11.15 WIB. Sedangkan hingga pukul 16.00 WIB, masih ada titik api di ruang oven. Petugas kesulitan menjangkau titik api karena kondisinya tertutup.

"Untuk yang oven masih ada titik api, karena memang tidak bisa ditembus air. Secara garis besar sudah bisa dikuasai," kata Sugiyono kepada wartawan di lokasi kejadian, Selasa (23/11/2021).

Adapun kebakaran terjadi di ruangan gudang penyimpanan kacang, ruang oven kacang dan ruang perkantoran. Total ada sebanyak 20 armada pemadam kebakaran yang dikerahkan.

"Dari Damkar Pati sendiri ada delapan armada. Kemudian mendapat tambahan bantuan dari perusahaan seperti Djarum, PG Trangkil, kemudian dari kabupaten tetangga, dan masih banyak. Total ada 20 armada damkar," imbuhnya.

Kapolres Pati AKBP Christian Tobing menambahkan sejumlah petugas gabungan masih berkutat di lokasi kebakaran guna menetralisir api.

"Titik api kecil masih ada di oven, karena itu tertutup. Jadi untuk petugas tidak bisa masuk ke dalam. Namun sudah dilakukan pengamanan di sana. Sementara titik lain dalam proses pendinginan," jelasnya.

(sip/rih)