Ada Perbaikan Jalan, Jalur Pantura Kudus-Pati di Jekulo Macet

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 13:09 WIB
Penampakan kemacetan di ruas jalan Pantura Kudus-Pati, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Selasa (23/11/2021)
Penampakan kemacetan di ruas jalan Pantura Kudus-Pati, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus pukul 11.30 WIB hari ini (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Kemacetan terjadi di Jalan Pantura Kudus-Pati, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kemacetan ini terjadi karena ada perbaikan jalan.

Pantauan di lokasi, Selasa (23/11/2021) pukul 11.30 WIB, antrean panjang kendaraan di Pantura Kudus-Pati terlihat dari Desa Klaling hingga di Desa Hadipolo, Kecamatan Jekulo. Antrean itu berada dari jalur Pati menuju Kudus, sedangkan lalu lintas dari arah sebaliknya atau Kudus ke Pati lancar.

Titik kepadatan kendaraan ada di depan Taman Bumi Wangib yang menjadi lokasi perbaikan jalan. Kendaraan berat yang melintas terlihat mengurangi kecepatan dan saling bergantian.

Salah seorang pengendara motor, Masrukin mengatakan kemacetan panjang di Kudus-Pati terjadi sejak lima hari belakangan ini. Dia menyebut kemacetan ini terjadi karena ada perbaikan jalan di Pantura.

"Macet dari Klaling, sekitar sekilo kemarin tiga kilometer terjadi macet. Kalau ini macet dari Pati ke Kudus," kata Masrukin ditemui detikcom di lokasi, siang ini.

"Kemarin kemacetan dari arah Pati dan dari arah Kudus ke Pati," sambung dia.

Terpisah, PPK 1.4 Bina Marga Jateng, Amal mengatakan pihaknya tengah melakukan perbaikan jalan di Pantura Kudus-Pati. Dia menerangkan ada tiga ruas jalan yang diperbaiki yakni dua ruas jalan Kudus-Pati dan satu ruas di Lingkar Kudus.

"Kalau dari Kudus-Pati kita ada 3 lokasi sedang kita garap sekarang. Pertama ada di jalan lingkar Kudus, dua lagi ada jalan Kudus-Pati ada dua lokasi," jelas Amal dihubungi detikcom lewat sambungan telepon siang ini.

"Sekarang di dua lokasi, satu di Kudus-Pati sebelum masuk di Pura Kudus (pabrik kertas di Kudus) sama di Taman Bumi Wangi di Jekulo," sambung dia.

Amal mengakui jalan Pantura ditemukan jalan rusak dan berlubang, terlebih di musim penghujan. Pihaknya pun berupaya untuk penembelan jalan berlubang.

"Karena ini memang musim hujan, jadi memang lubang mulai bermunculan lagi karena musim hujan kan ada kendaraan berat. Jadi kita alokasi untuk perawatan jalan terus, tambal lubang," jelasnya.

"Di luar tambal lubang ada pekerjaan artinya sedang jalan pengaspalan sekarang. Lubang muncul langsung kita tangani," sambung Amal.

(ams/sip)