Saking Panjangnya, Tandan Pisang di Boyolali Ini Hingga Menyentuh Tanah

ADVERTISEMENT

Saking Panjangnya, Tandan Pisang di Boyolali Ini Hingga Menyentuh Tanah

Ragil Ajiyanto - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 18:09 WIB
Buah pisang bertandan panjang di Boyolali
Buah pisang bertandan panjang di Boyolali. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Pohon pisang unik yang ditanam Sukadi (54) di Boyolali, Jateng, ini cukup unik. Buah pisangnya mencapai ratusan biji dan panjang tandannya mencapai lebih dari dua meter hingga menyentuh tanah.

Pisang di pekarangan depan rumah Sukadi, warga Dukuh Bontitan, Desa Kopen, Kecamatan Teras, Boyolali itu pun menarik perhatian para tetangga dan warga yang melintas. Hampir setiap hari, 'pisang seribu' itu didatangi warga yang penasaran dan ingin melihat secara langsung.

Apa lagi, rumah Sukadi persis di pinggir jalan antardesa sehingga pengguna jalan yang lewat bisa langsung melihatnya.

"Hampir setiap hari ada warga yang berhenti atau datang untuk melihat pisang ini," kata Sukadi kepada wartawan Minggu (21/11/2021).

Menurut dia, banyak warga yang penasaran dengan buah pisang seribu tersebut. Apakah buahnya enak dimakan atau tidak. "Buahnya enak dimakan juga kok. Rasanya manis," jelasnya.

Sukadi mengaku mendapatkan bibit pisang dari temannya setahun yang lalu. Dia tertarik menanam karena merasa sayang bibit pisang hanya dibuang saja.

Lalu, dia tanam di depan rumah. Kali ini adalah pertama kalinya pohon pisang itu berbuah. Dari satu batang yang sudah berbuah, saat ini muncul empat batang anakan pisang. Namun, tiga batang anakan di antaranya sudah dipesan tetangga dan temannya. Yang satu batang akan dibiarkan tumbuh.

Simak juga 'Laris Manis Madumongso Pisang dari Lumajang':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT