Rekonstruksi Diksar Maut Menwa UNS, 2 Tersangka Sangkal Pukul Gilang

Ari Purnomo - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 15:45 WIB
Solo -

Kedua tersangka Diksar maut Menwa UNS yakni NFM dan FPJ menyangkal melakukan pemukulan yang mengakibatkan tewasnya salah seorang peserta, Gilang Endi Saputra. Apa kata polisi?

Hal itu disampaikan dalam rekonstruksi yang digelar Polresta Solo di halaman parkir Stadion Manahan, Kamis (18/11). Reka ulang yang menggambarkan tersangka menyangkal melakukan pemukulan menggunakan gagang senjata replika ada pada adegan ke-25. Dalam rekonstruksi tersebut, tersangka NFM membantah memukul korban.

Meski begitu, dalam keterangan yang disampaikan para saksi menyebutkan tersangka melakukan pemukulan menggunakan gagang senjata replika. Hal senada juga dilakukan tersangka FPJ yang juga membantah melakukan pemukulan saat korban dalam kondisi sempoyongan di adegan ke-50.

"Namanya tersangka menyangkal tidak masalah, saksi dan bukti menyebutkan itu. Nanti di pengadilan," kata Kasat Reskrim Polresta Solo AKP Djohan Andika ditemui wartawan di lokasi rekonstruksi, Kamis (18/11/2021).

Djohan menyebut reka ulang ini berjalan sesuai dengan hasil penyidikan dan keterangan para saksi. Di lokasi yang sama, kuasa hukum kedua tersangka, Darius Marhain menyebut dari keterangan kliennya justru FPJ menolong korban saat hendak jatuh.

"Gilang mau jatuh ditangkap FPJ, tidak ada pemukulan semua ditolong oleh FPJ kejadiannya seperti itu menurut FPJ. Versi yang lain mengatakan ada pemukulan," ucap Darius.

(ams/sip)