Belasan Kapal di Pelabuhan Kota Tegal Terbakar

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 11:23 WIB
Kota Tegal - Belasan kapal di kolam perbaikan (dok) kompleks Pelabuhan Kota Tegal, Jawa Tenga, terbakar. Kebakaran terjadi sejak dini hari.

Pantauan detikcom di lokasi, Rabu (17/11/2021), sekitar pukul 09.30 WIB, api masih berkobar.

"Kebakaran terjadi sejak dini hari dan hingga saat ini api belum bisa dipadamkan. Petugas dan kendaraan kebakaran sulit menjangkau lokasi kebakaran karena kapal saling berhimpitan di kolam," kata Kapolres Tegal AKBP Rahmad Hidayat saat memantau di lokasi kejadian, hari ini.

Kapal-kapal yang terbakar ini, sebagian besar sedang dalam antrean perbaikan. Sejauh ini, belum diketahui penyebab kebakaran tersebut.

Saat ini petugas pemadam kebakaran masih bekerja di lingkungan galangan kapal kompleks Pelabuhan Kota Tegal tersebut. Sebanyak 10 unit mobil damkar didatangkan dari Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes.

Petugas juga mengamankan sekitar lokasi kebakaran karena lokasinya sangat dekat dengan permukiman penduduk yang cukup padat.

"Kesulitan kita dalam pemadaman karena akses menuju lokasi dengan kondisi jalan yang sempit. Ada beberapa titik yang kita lakukan penetrasi untuk masuk ke lokasi, mulai dari pintu masuk Obyek Wisata Pantai Alam Indah dan Jalan Bali," kata Rahmad.

Salah seorang pemilik kapal yang ikut terbakar, H Riswanto, mengatakan diperkirakan kapal yang terbakar di lokasi itu mencapai 15 unit.

"Kerugian kalau rata-rata Rp 3 miliar per kapal, tinggal kali 15 kapal jadi Rp 45 miliar. Dari 15 kapal yang terbakar pemiliknya semua warga Kota Tegal," kata Riswanto

Riswanto berharap nantinya bersama unsur maritim untuk mengantisipasi agar kejadian kebakaran seperti hari ini tidak terulang kembali dikemudikan hari.

"Sebagian besar yang terbakar ini memang sedang antre perbaikan. Tapi ada juga yang sedang persiapan melaut," ujarnya. (sip/mbr)