Polisi Tangkap Paksa 2 Tersangka Tewasnya Peserta Diksar Menwa UNS Solo

Ari Purnomo - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 16:45 WIB
Solo -

Polresta Solo menetapkan dua tersangka kasus tewasnya peserta Diksar Menwa Universitas Sebelas Maret (UNS), Gilang Endi Saputra (21). Polisi mengungkap dua tersangka yakni NFM dan FPJ ditangkap paksa di kawasan Jebres, Solo.

"Pada pukul 14.10 WIB pascapenetapan tersangka, penyidik melakukan upaya paksa penangkapan kedua tersangka saat ini di Jebres," ungkap Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan di Mapolresta, Jumat (5/11/2021).

Ade menyebut keduanya ditangkap di satu lokasi di kawasan Jebres. Namun, Ade enggan memerinci lokasi penangkapan kedua tersangka ini.

"Keduanya ditangkap di satu lokasi, di Jebres. Untuk tempatnya ya di Jebres," ucapnya.

Ade menyampaikan kedua tersangka tidak melakukan perlawanan saat ditangkap. "Tidak ada perlawanan dari kedua tersangka," tuturnya.

Polisi hingga saat ini masih mengembangkan kasus tewasnya peserta Diksar Menwa UNS ini. Lokasi penangkapan kedua tersangka juga sudah digeledah petugas.

"Saat ini kita melakukan penggeledahan dan juga pemeriksaan kedua tersangka. Kami akan mencari barang bukti pendukung lainnya setelah barang bukti yang sudah ada," terang Ade.

Untuk diketahui, dua tersangka kasus meninggalnya Gilang, NFM dan FPJ, diketahui merupakan panitia Diksar Menwa UNS. Keduanya diduga melakukan kekerasan terhadap korban menggunakan alat dan tangan kosong.

"Masing-masing tersangka diduga melakukan kekerasan baik dengan menggunakan alat dan tangan kosong," ujar Ade.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan pasal berlapis. pasal 351 KUHP juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP juncto pasal 359 KUHP.

(ams/sip)