Gibran Izinkan Balita Masuk Mal, IDAI Solo: Belum Ada Urgensinya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 14:42 WIB
Poster
Ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Solo -

Sudah dua pekan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memperbolehkan anak di bawah lima tahun (balita) masuk ke mal hingga objek wisata. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Solo menilai belum ada urgensi bagi anak untuk memasuki pusat keramaian.

Ketua IDAI Solo, dr Hari Wahyu Nugroho SpA(K) MKes, mengatakan pihaknya sudah menyampaikan pendapatnya tersebut kepada Pemkot Solo. Namun dia mengaku tetap menyerahkan keputusan kepada pemerintah.

"Kemarin dalam rapat di balai kota kan stakeholder dimintai pendapat, kami sebatas memberi masukan bahwa anak 1-5 tahun belum ada urgensinya memasuki pusat keramaian. Tapi kalau aturannya tetap diperbolehkan ya itu kewenangan pemerintah, mungkin ada pertimbangan lain," kata Hari saat dihubungi detikcom, Jumat (5/11/2021).

Pertimbangan IDAI tidak menyarankan anak balita masuk ke tempat keramaian, antara lain sulitnya mengatur anak untuk menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, dia menilai kegiatan di pusat keramaian sebetulnya adalah kepentingan orang tua.

"Kan tidak mudah ya meminta balita pakai masker terus, anak di atas lima tahun saja kadang susah. Lagi pula kegiatan seperti di mal, belanja, makan di restoran, itu kan kepentingan orang tua," ujarnya.

Hari membenarkan situasi COVID-19 di Solo saat ini memang jauh membaik ketimbang dua bulan lalu. Namun COVID-19 ini masih sangat diwaspadai agar tidak muncul gelombang ketiga.

"Jumlah kasus konfirmasi baru maupun kasus kematian memang sudah turun, tapi grafiknya saat ini masih seperti gergaji, naik turun, artinya virus ini masih ada. Apalagi sebentar lagi sudah libur akhir tahun, jangan sampai seperti lebaran kemarin," katanya.



Selanjutnya: capaian vaksinasi belum merata...