Ruwatan Anak Gimbal Dieng Disiarkan Virtual, Wisatawan Diminta Tak Datang

Uje Hartono - detikNews
Sabtu, 30 Okt 2021 16:02 WIB
Ruwat Rambut Gimbal Dieng 2019
Ruwat Rambut Gimbal Dieng 2019. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Dieng Culture Festival (DCF) kembali digelar di Dieng, Jawa Tengah tahun ini. Sedangkan acara ruwatan rambut gimbal akan digelar tiga hari pada tanggal 1 sampai 3 November 2021 secara virtual.

"Berdasarkan rapat kemarin, event DCF tahun ini dipastikan kembali digelar. Dimulai tanggal 1 November sampai tanggal 3 November 2021," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Agung Yusianto saat dihubungi detikcom, Sabtu (30/10/2021).

Seperti gelaran pada tahun 2020, ada pembatasan jumlah undangan pada DCF tahun ini. Yakni tamu undangan maksimal 50 orang di luar panitia. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Untuk itu, Agung meminta wisatawan tidak perlu menyaksikan langsung acara ruwatan cukur rambut gimbal langsung ke Dieng. Wisatawan dapat menyaksikan secara virtual melalui media YouTube.

"Untuk wisatawan tidak usah datang ke Dieng untuk menyaksikan DCF. Cukup lihat di Youtube. Ini dilakukan untuk menaati protokol kesehatan," tegasnya.

Sedangkan untuk rangkaian acara, tidak banyak perubahan dari DCF sebelumnya. Mulai dari Dieng bersih, seni tari, kirab budaya, pagelaran music atas awan dan ruwatan cukur rambut gimbal.

"Acaranya tidak banyak perubahan. Di hari pertama, ada aksi Dieng bersih, pagelaran seni hingga pengenalan produk UMKM. Hari kedua ada ruwatan cukur anak rambut gimbal malamnya gelaran musik atas awan. Besoknya masih ada kongko budaya," paparnya.

Simak juga 'Desa Wisata Dieng Kulon Masuk 50 Besar ADWI 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)