4 Tiang Listrik di Klaten Ambruk Usai Hujan Lebat, Ini Dampaknya

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 20:11 WIB
Penampakan tiang listrik dan pohon tumbang di Jalan Tegalgondo-Janti, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jumat (29/10/2021).
Penampakan tiang listrik dan pohon tumbang di Jalan Tegalgondo-Janti, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jumat (29/10/2021). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Empat tiang listrik di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, ambruk akibat tertimpa pohon saat hujan lebat disertai angin. Kerusakan itu berdampak pada pemadaman listrik bagi seribuan pelanggan.

"Pelanggan terdampak ada 1.600 pelanggan, gardu terdampak 22 dan ULP yang terdampak hanya ULP Tulung," kata Manajer Jaringan PT PLN UP3 Klaten, M Mulki Maulana, kepada detikcom, Jumat (29/10/2021).

Mulki menerangkan update per pukul 18.00 WIB tadi, kondisi cuaca hujan disertai angin kencang itu mengakibatkan gangguan distribusi listrik. Selain itu tercatat ada tiang listrik patah dan beberapa aset lain yang juga terdampak.

"Ada pun aset terdampak meliputi jaringan tegangan menengah putus dan jatuh. Selain itu 4 tiang patah, dan satu trafo rusak," jelas Mulki.

Dia menerangkan akibat peristiwa ini ada beberapa desa yang mengalami pemadaman listrik. Di antaranya desa di Kecamatan Polanharjo dan Tulung.

"Daerah yang padam ada beberapa wilayah Kecamatan Tulung dan Polanharjo. Daerah itu adalah Doplang, Sidowayah, Janti, Ngalas Cokro, Daleman, Tegalrejo Sawit, Kadireso, Wunut, Janti, Srigading Teras, Silem Teras, Jalan raya Janti-Sidowayah," sambung Mulki.

Dia mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan perbaikan. Pihaknya meminta pelanggan yang memiliki informasi titik gangguan dan belum ada petugas di lokasi bisa melaporkannya ke aplikasi PLN Mobile atau contact center PLN.

"Dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center PLN 123. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami," ujar Mulki.

Terpisah, salah seorang warga Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Epri, mengatakan listrik di desanya sempat mati. Pemadaman listrik di desanya itu menurutnya berlangsung sebentar.

"Saat saya pulang listrik padam, ternyata karena kejadian hujan angin. Sebelum isya listrik sudah menyala tapi entah desa lainnya," jelas Epri pada detikcom.

Diberitakan sebelumnya, pohon beringin berukuran besar dan empat tiang listrik di dua desa Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, ambruk akibat diguyur hujan lebat dan angin kencang. Salah satu tiang listrik yang ambruk bahkan menimpa satu truk yang sedang melintas.

"Kejadian di Sidowayah. Ada tiga tiang listrik roboh dan satu menimpa sebuah truk," terang Kades Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Mujahid Jariyanto, Jumat (29/10).

Mujahid menerangkan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB tadi. Selain menimpa satu truk, ambruknya tiang listrik itu mengakibatkan listrik padam

Simak video 'BNPB Ungkap Wilayah-wilayah Rawan Bencana: Bogor hingga Ponorogo':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)