Momen Pimpinan-Pejabat KPK Gowes Usai Raker di Hotel Mewah Yogya

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 07:47 WIB
Gowes pimpinan KPK usai raker di hotel Yogya
Gowes pimpinan KPK di Yogyakarta. (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Rapat kerja KPK di Yogayakarta masih berlanjut hingga hari ini. Di hari ketiga ini, agendanya yakni outdoor team building dengan bersepeda diselingi game.

Seperti diketahui, KPK menggelar raker di salah satu hotel bintang 5 di Yogyakarta. Para pimpinan dan pejabat struktural KPK sudah berada di Yogya sejak Rabu (27/10).

Pantauan detikcom di titik start gowes pagi ini, nampak Ketua KPK Firli Bahuri start di depan. Selain Firli, ada Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar yang juga ikut gowes.

Mereka terbagi dalam beberapa grup dan mulai start sekitar pukul 06.30 WIB.

Kapolsek Ngemplak AKP Endar Isnianto mengatakan jika pihaknya hanya diperintah untuk mengamankan jalur gowes dan sebagai titik start.

"Kebetulan kami diperintah untuk mengamankan jalur saja. Pada intinya kami ketempatan untuk start dan pengamanan di jalur," kata Endar kepada wartawan, Jumat (29/10/2021).

Dikatakan Endar, jalur yang ditempuh sekitar 6 kilometer. Rombongan pimpinan dan pejabat KPK ini akan finish di Kopi Klotok, Pakem, Sleman. Rombongan goweser KPK ini diperkirakan sekitar 100 orang.

"Sekitar 6 kilometer, estimasi waktu 45 menit. Masing-masing grup ada waktunya, bentuknya game-nya, tapi kami tidak tahu game-nya," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata angkat bicara soal kritikan menggelar rapat kerja di hotel mewah di Yogya.

"(Hotel) Bintang 5 kalau tarifnya bintang 3 kenapa tidak, kan seperti itu. Teman-temen bisa tanya ke pihak hotel berapa KPK membayar untuk kegiatan ini. Kita transparan, terbuka dan semuanya dipertanggungjawabkan," kata Marwata ditemui wartawan di Sheraton Mustika Yogyakarta, Kamis (28/10/2021).

Gowes pimpinan KPK usai raker di hotel YogyaGowes pimpinan KPK usai raker di hotel Yogya (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom)

Marwata mengatakan agenda raker di Yogya sudah direncanakan jauh-jauh hari. Ia juga memastikan anggaran yang digunakan tidak melebihi plafon anggaran yang tersedia. Namun, saat ditanya soal berapa anggaran untuk menyewa hotel, Marwata tidak mengetahuinya.

"Itu masih dalam batas-batas plafon anggaran yang kita susun. Pasti, kami tidak mungkin menyelenggarakan suatu kegiatan yang tidak tersedia anggarannya atau melebihi dari plafon anggaran yang disediakan," tegasnya.

Pimpinan KPK itu juga menyebut raker di luar daerah bukan hanya dilakukan oleh lembaganya. Lembaga pemerintahan yang lain juga sering melakukan hal serupa. Raker ini, kata Marwata, juga telah direncanakan sejak jauh-jauh hari.

"Sekali lagi ini merupakan rencana kerja yang sudah kami susun jauh-jauh hari, bukan dadakan," tegasnya.

Simak juga 'Firli ke Pegawai: Jadi ASN Jangan Sampai Hambat Tugas Pokok KPK':

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)