Muncul Desakan Pembubaran Menwa UNS, Ini Kata Konas

Ari Purnomo - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 20:19 WIB
Kepala Staf Konas Menwa Indonesia M Arwani Denny di Solo, Kamis (28/10/2021).
Kepala Staf Konas Menwa Indonesia M Arwani Denny di Solo, Kamis (28/10/2021). Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Pascameninggalnya mahasiswa UNS peserta diksar menwa, Gilang Endi Saputra (21), muncul desakan pembubaran unit kegiatan mahasiswa (UKM) tersebut. Seperti yang terlihat di markas Menwa UNS yang banyak ditempel stiker desakan pembubaran.

Menanggapi hal itu, Kepala Staf Komando Nasional (Konas) Resimen Mahasiswa (Menwa) Indonesia M Arwani Denny menilai desakan itu wajar sebagai aspirasi atas kejadian tersebut.

"Kalau aspirasi saya kira semua berhak mengutarakan aspirasinya, apa pun itu aspirasinya. Bahkan, presiden diminta mundur, kok," kata Denny usai bertemu dengan Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak di Mapolresta Solo, Kamis (28/10/2021).

Aspirasi itu, lanjut Denny, selama masih dalam ranahnya nantinya juga akan ketemu titik temu yang sebenarnya. Sebagai anak bangsa, menurutnya, pasti mempunyai keinginan untuk membangun bangsanya.

"Saya kira, selagi kita masih dalam frame bekerjanya, berorganisasinya, saya kira nanti kan ketemu titik temunya bahwa kita sebenarnya sama. Sama-sama anak bangsa, ingin membangun bangsa bersama," tutur Denny.

Kejadian tersebut, kata dia, menjadi sebuah musibah dan perlu untuk dipertanggungjawabkan.

"Memang dalam satu kegiatan bahwa ada kejadian saya kira itu tidak bisa kita tolak. Itu sebuah musibah. Tinggal bagaimana hari ini kita mempertanggungjawabkan dari apa yang terjadi. Saya kira itu," urainya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Korps Mahasiswa Siaga atau Resimen Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (Menwa UNS) Solo mendapat kecaman usai meninggalnya seorang peserta diksar menwa, Gilang Endi Saputra (21).

Bahkan markas Menwa UNS kini ditempeli poster berisi pesan kecaman. Pantauan detikcom, Kamis (28/10) siang, poster-poster itu ditempel di bagian pintu. Beberapa poster juga ditempel di dinding.

Simak video 'Buntut Meninggalnya Mahasiswa Gilang, Semua UKM UNS Disetop!':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman selanjutnya...