Sambut Sumpah Pemuda, Merah Putih Berkibar di Pegunungan Patiayam Kudus

Dian Utoro Aji - detikNews
Kamis, 28 Okt 2021 18:51 WIB
Bendera Merah Putih dikibarkan di Pegunungan Patiayam Kudus. Pengibaran bendera ini dilakukan dalam rangka menyambut Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/202!).
Bendera Merah Putih dikibarkan di Pegunungan Patiayam Kudus (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Bendera merah putih raksasa dikibarkan di Pegunungan Cangkraman Patiayam, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Pengibaran bendera ini dilakukan dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda.

"Jadi pengibaran bendera ini dalam rangka hari Sumpah Pemuda," kata Kepala Desa Terban, Supeno, kepada wartawan ditemui di lokasi, Kamis (28/10/2021).

Pengibaran bendera merah putih dilakukan warga Desa Terban Kecamatan Jekulo sore tadi. Proses pengibaran bendera ini tak mudah, selain medan yang terjal ditambah faktor cuaca yang kurang bersahabat. Bendera merah putih pun baru bisa dikibarkan pukul 16.30 WIB.

Supeno mengatakan pengibaran bendera merah putih raksasa ini melibatkan pemuda dan warga setempat. Menurutnya pengibaran bendera ini membutuhkan kerja keras.

"Sangat bersusah payah untuk mengibarkan bendera sejak Rabu (27/10) sore jam 18.00 WIB sampai jam 23.00 WIB, terus karena tidak ada kejelasan dan sulitnya medan jadi saya pending istirahat tadi pagi dilanjutkan, dan sore hari (Kamis) ini sudah bisa berkibar di puncak bukit Cangkraman Patiayam, walaupun tidak sesuai dengan tiang yang saya rencanakan," jelas Supeno.

Dia menerangkan tiang bendera pun harus dipotong, dari semula 22 meter menjadi 16 meter. Sementara untuk bendera berukuran panjang 9,5 meter dan lebar 6 meter.

"Untuk tinggi tiang rencana 22 meter karena banyak kendala jadi tiang dikurangi 6 meter dan bendera dengan lebar 6 dan panjang 9,5 meter," ungkap Supeno.

Dia berharap lewat kegiatan ini bisa membangkitkan semangat generasi muda untuk mengingat perjuangan para pahlawan. Terutama saat perjuangan mendapatkan kemerdekaan Indonesia.

"Jadi saya sendiri selaku Kepala Desa Terban berharap untuk membangkitkan jiwa juang pemuda-pemudi di sektor di Desa Terban, Kudus, Jawa Tengah selaku penerus bangsa selalu mengenang jasa para pahlawan yang sudah mengorbankan dalam hal ini Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928," jelas dia.

"Harapan generasi penerus bangsa selalu punya nilai juang gitu lho. Cinta tanah air, jangan sampai digerus dengan bangsa lain," tutur Supeno.

Pantauan di lokasi setelah bendera raksasa berkibar warga dan pemuda melakukan upacara Sumpah Pemuda dengan sederhana. Mereka tampak khidmat mengikuti acara peringatan Sumpah Pemuda tersebut.

Simak video 'Sejarawan Sebut Tak Ada Ikrar Sumpah Pemuda 1928':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)