Kronologi Meninggalnya Gilang Peserta Diksar Menwa UNS Versi Panitia

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 15:26 WIB
Solo -

Seorang mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Gilang Endi Saputra, meninggal dalam kegiatan Diksar Resimen Mahasiswa (Menwa). Pihak UNS menjelaskan kronologi kejadian tersebut.

Direktur Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Sutanto, mengatakan dirinya sempat mendampingi panitia saat diperiksa kepolisian. Berdasarkan keterangan panitia itulah dia menceritakan urutan peristiwa kegiatan diksar.

23 Oktober 2021

"Berdasarkan pengakuan pihak panitia, kegiatan itu dilakukan mulai tanggal 23 Oktober, mulai dari penyambutan pukul 06.00 WIB sampai kegiatan berakhir pukul 23.00 WIB," kata Sutanto dalam jumpa pers di UNS, Selasa (26/10/2021).

Pada hari pertama tersebut, kegiatan yang dilakukan antara lain penyambutan di Markas Menwa, GOR UNS, musala Fakultas Teknik dan jembatan Danau UNS. Saat itu Gilang sudah merasa kram.

"Almarhum menyampaikan pada tanggal 23 Oktober 2021, ada kakinya yang kram. Itu oleh pihak Menwa dicarikan pendamping. Nah itu kejadian di tanggal 23, artinya belum ada tanda-tanda secara fisik ada kelelahan dan sebagainya," ujarnya.

24 Oktober 2021

Kemudian pada hari kedua, 24 Oktober 2021, kegiatan dimulai dari selepas salat subuh dengan kegiatan senam dan apel pagi. Kemudian ada satu kegiatan yang dilakukan di dekat kampus, yakni rappeling di jembatan Jurug.

- Pukul 14.00 WIB
"Setelah kegiatan (rappeling) selesai, balik ke kampus, ketika balik ke kampus ini, yang bersangkutan memang mengeluh sakit punggung. Terus kemudian, pada jam 14.00, yang bersangkutan mendapatkan perawatan dengan dikompres di kepala," ujarnya.

- Pukul 21.00 WIB
Hingga kemudian Gilang mengalami kondisi tidak sadarkan diri sampai pukul 21.00 WIB. Kemudian panitia membawa Gilang ke rumah sakit, namun meninggal saat perjalanan.

"Di sini tertulis 22.05 itu yang bersangkutan di dalam mobil, dalam perjalanan menuju RS. Pengakuan dari pihak panitia, kok sudah tidak bernapas. Sampai ke RS Moewardi, memang benar sudah dinyatakan meninggal dunia," katanya.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...