Banyak Siswa Kena Corona, Gibran Siapkan Tempat Isolasi Khusus Anak

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 12:14 WIB
Poster
Ilustrasi Corona. (Foto: Edi Wahyono)
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tengah menyiapkan tempat isolasi terpusat khusus untuk anak-anak. Hal ini dilakukan setelah munculnya kasus baru akibat virus Corona atau COVID-19 di sekolah-sekolah.

Lokasi yang digunakan ialah Ndalem Priyosuhartan, Jalan Perintis Kemerdekaan, Laweyan, Solo. Ada 41 tempat tidur yang disiapkan.

"Ini baru disiapkan isolasi terpusat anak. Di Laweyan, Priyosuhartan. Yang ini isinya anak-anak. Ada treatment khusus lah. Ada penampungan 24 jam. Ada 41 bed," kata Gibran usai memimpin apel kesiapsiagaan bencana, Selasa (26/10/2021).

Gibran menyebut tempat isolasi terpusat itu dipakai untuk anak usia SD dan SMP. Orang tua tidak diperkenankan mendampingi selama anaknya dikarantina.

"Untuk anak SD-SMP, yang dewasa ke (Asrama Haji) Donohudan saja. Donohudan masih jalan terus. Kalau karantina nggak didampingi orang tua. Kalau didampingi ya orang tuanya ketularan," ujarnya.

Langkah tersebut dilakukan karena Gibran akan menggencarkan testing kepada siswa-siswa sekolah. Meski demikian, dia menegaskan tidak akan menghentikan sistem pembelajaran tatap muka (PTM).

"Kita kan testing di sekolah-sekolah masih. Makanya kita siapkan isoter anak-anak. Testing akan berlanjut terus dan mulai diterapkan di kota-kota lain. Kita pengin ketika ada yang positif, sekolah kita tutup dulu, tapi bukan berarti PTM kita hentikan. Sekolah yang aman jalan terus. Sudah kelamaan libur soalnya," pungkasnya.

Seperti diketahui, ada puluhan anak dari delapan sekolah yang sudah dinyatakan positif COVID-19. Mereka terdiri dari siswa SD dan SMP. Petugas masih terus melakukan tracing.

(mbr/sip)