Gempa Bantul Dirasakan Penghuni Lantai 8 Hotel di Kota Yogya: Lhiyut-lhiyut

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 26 Okt 2021 07:19 WIB
Ilustrasi gempa
(Foto: Ilustrasi/AFP)
Yogyakarta -

Gempa berkekuatan magnitudo 3.2 SR terjadi di 19 kilometer tenggara Kabupaten Bantul dengan kedalaman 4 kilometer. Gempa tersebut terasa mulai dari Bantul hingga Kota Yogyakarta.

Warga Kapanewon Pleret, Kabupaten Bantul, Arif Marzuki mengaku merasakan getaran gempa saat bangun dari tidurnya. Menurutnya, gempa tersebut hanya terasa sebentar.

"Jadi tadi itu di kamar baru melek, pegang HP terus terdengar hurug-hurug gitu. Tapi tidak lama, sekitar 5 detik," katanya kepada detikcom, Selasa (26/10/2021) pagi.

Oleh sebab itu, Arif tidak sampai keluar dari rumahnya. Terlebih hanya dia saja saat itu yang merasakan getaran gempa.

"Tadi nunggu dulu, kalau tidak berhenti gempanya mungkin baru keluar rumah. Karena gempanya memang tidak terlalu besar (getarannya), wong istri saya saja tidak terasa tadi," ujarnya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Sunardi, dia mengaku merasakan getaran saat bersiap mengikuti diklat kantornya di salah satu hotel di Kota Yogyakarta. Menurutnya, gempa tersebut berlangsung cepat.

"Posisi tadi di lantai 8, pertama terasa pelan getarannya terus lhiyut-lhiyut gitu tapi sebentar. Mungkin karena di lantai atas jadi lebih terasa ya, karena teman saya satu lantai ada yang tidak merasakan," ujarnya.

Gempa bumi berpusat di darat mengguncang Bantul dan Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pagi ini, Selasa (26/10/2021). Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 4 km, berpusat di 19 km tenggara Bantul.

Akun resmi BMKG memberikan konfirmasi bahwa pada 26 Oktober 2021 pukul 06:19:60 WIB telah terjadi gempa berkekuatan magnitudo 3,2 di Kedalaman 4 km.

Gempa tersebut berada di koordinat 8.06 Lintang Selatan - 110.43 Bujur Timur.

Lihat juga Video: Salatiga-Ambarawa 21 Kali Diguncang Gempa Susulan

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)